03/12/2022
Makanan Khas Cilacap

12 Makanan Khas Cilacap, Kota Bercahaya, sebuah julukan dari Cilacap Jawa Tengah. Selain terkenal dengan destinasi wisata menarik, kota Cilacap terhitung memiliki perpaduan unik antara budaya Banyumasan dan Sunda, maka dari itu tak heran jika di dalam formalitas hariannya mereka memakai dua campuran bahasa.

bukan hanya itu, kota ini terhitung memiliki banyak ragam keunikan yang akan menjamu hari-harimu, salah satunya adalah kuliner khas Cilacap. Hidangan khas Cilacap selamanya menggugah selera para wisatawan, sebab bumbu khusus turun-temurun dan sudah pasti perpaduan rasa Sunda dan Jawa.

Mari Kita Simak Beberapa Makanan Khas Cilacap Dibawah ini:

Mendoan

Mendoan adalah sajian khas Cilacap pertama yang mesti kamu coba. Makanan khas Cilacap tempe Mendoan terbuat dari tempe yang dipotong lebar dan tidak tebal lalu dilumuri tepung yang pada mulanya sudah dicampur aneka bumbu dan daun bawang. Selanjutnya tempe selanjutnya akan digoreng setengah matang. Perpaduan rasa yang nikmat sudah pasti dengan tekstur empuk dari Mendoan membuatnya jadi menjadi nikmat disaat disantap dengan cocolan sambal.

Gembus

Gembus atau banyak orang menyebutnya donat Jawa adalah makanan khas Cilacap Jawa Tengah yang memakai daun singkong sebagai bahan dasarnya. Hidangan khas Cilacap ini akan dibentuk menyerupai donat lantas di goreng sampai warnanya kecoklatan. Rasanya yang gurih dan sedikit kenyal memicu siapapun akan ketagihan disaat pertama kali mencobanya.

Kamu bisa menjumpai Gambus diberbagai penjual gorengan atau waktu ada acara hiburan di kampung lebih kurang Cilacap. Rasanya yang nikmat sudah pasti akan jadi memanjakan lidah disaat disantap di dalam suasana hangat dengan cocolan sambal pecel.

Baca Juga  13 Makanan Khas Dayak Kalimantan Yang Lezat

Thempleng Atau Rempeyek

Kuliner khas Cilacap setelah itu yang mesti banget kamu coba adalah . makanan khas cilacap Thempleng atau sering disebut sebagai rempeyek Cilacap, merupakan hidangan berbahan utama tepung beras dan campuran bumbu pelengkap lainnya.Kuliner Cilacap satu ini memiliki beragam variasi, menjadi dari rempeyek kacang, teri, kedelai, rebon dan kacang hijau. Biasanya Thempleng bisa ditemukan di warung makan dengan harga yang terjangkau. Nikmat dan renyahnya Thempleng akan jadi menjadi nikmat waktu dijadikan lauk pelengkap banyak ragam menu khas Cilacap.

Lanting Cilacap

Bertandang ke Cilacap akan lebih menjadi lengkap jika sudah berjumpa dengan Lanting. Hidangan khas Kota Bercahaya ini berbahan basic singkong berusia minimal enam bulan. Umumnya Lanting mempunyai dua tipe warna yaitu merah dan putih. Selain memiliki dua pilihan warna, Lanting terhitung berupa bulat dan pada bagian tengah berlubang. Perpaduan rasa khas dan sudah pasti tahan lama memicu Lanting mesti banget jadi kudapan yang kamu bawa pulang untuk keluarga di rumah.

Tempe Dages

Tidak hanya mendoan yang terkenal di kalangan masyarakat Cilacap, Tempe Dages terhitung mesti banget kamu coba makanan khas cilacap. Bedanya makanan khas yang satu ini memakai bahan dari hasil fermentasi ampas tahu. Memiliki warna abu-abu dengan penampakan kotak dan padat menjadikannya muncul menarik. Selain itu, sudah pasti rasa yang di tawarkan terhitung gurih dan nikmat. Istimewanya lagi, makanan khas dari Cilacap Jawa Tengah ini bisa bertahan lama, namun jika teksturnya tak kembali kering maka bisa digoreng kembali. Perpaduan rasa serta teksturnya yang gurih sempurna akan jadi nikmat waktu disantap dengan sambal maupun petis. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Tahu Masak

Tahu Masak adalah makanan khas dari Cilacap berbahan basic mengerti yang di goreng memakai sedikit minyak, lalu dipotong-potong. Selanjutnya tidak lupa, ditambahkan irisan kubis kerupuk banggi, kupat dan bumbu khas lain yang dipadukan dengan kacang giling.ekilas wujud Tahu Masak mirip layaknya Kupat Tahu ala Cirebon, namun sudah pasti dengan isian yang berbeda. Cita rasa asam pedas, gurih dan manis dari kuliner Cilacap ini tentu bikin kamu jadi ngiler mengidamkan langsung menikmatinya.

Baca Juga  Apa itu virus Marburg

Salai Pisang

Jajanan dengan bahan basic pisang makanan khas cilacap akan banyak kamu temui disaat berada di Cilacap, salah satunya yaitu Salai Pisang. Makanan khas Cilacap ini terbuat dari pisang ambon yang di jemur kering dan digoreng memakai adonan tepung. Salai Pisang memiliki dua jenis, yaitu Salai pisang basah dan kering. Salai pisang basah memiliki tekstur kering di luar namun sedikit lembut waktu digigit. Sedangkan Salai Pisang Kering condong bertekstur renyah luar dalam, awet dan gurih manis di dalam setiap gigitannya. Tentunya makanan khas cilacap i tidak hanya sesuai di jadikan sebagai camilan namun terhitung buah tangan disaat mampir ke Cilacap.

Keripik Tempe

Keripik Tempe jadi salah satu makanan khas Jawa Tengah, layaknya Banyumas dan Cilacap. Hidangan renyah ini sekilas layaknya mendoan, hanya saja Keripik Tempe di goreng kering dan bentuknya tipis. Cita rasanya yang gurih, sedikit asin dan sudah pasti renyah memicu Keripik Tempe sesuai di jadikan camilan segala macam suasana. Tidak hanya itu, sebab terbilang awet, Keripik Tempe terhitung sesuai di adikan oleh-oleh makanan khas cilacap loh teman Kuliner Kota! Tentunya jika mempunyai pulang renyahnya Keripik Tempe bikin ingat terus peristiwa manis di kota ini.

Brekecek

Sudah pernah dengar kuliner Brekecek? Kuliner Cilacap Brekecek ini dijuluki sebagai Pathak Jahan atau Kepala Ikan Jahan. Walau memiliki nama yang lumayan unik, sebenarnya Brekecek adalah hidangan berbahan basic kepala ikan Jahan. Kepala Ikan Jahan akan dimasak dengan bumbu yang mirip rica-rica.

Istimewanya kembali disaat kamu menyantap Brekecek yaitu dengan menyeruput kepala jahan atau pathak ikan. Perpaduan rasa nikmat dan otentik dari olahan khas Cilacap ini akan lebih mantap waktu dinikmati dengan nasi hangat.

Baca Juga  BMW G 310 RR India

Rempeyek Yutuk

Salah satu makanan khas cilacap yang terkenal dengan kerenyahan adalah Rempeyek Yutuk. Yutuk sendiri adalah hewan laut mirip dengan kepiting atau udang, masyarakat Cilacap sering memanggilnya undur-undur laut. Hewan selanjutnya biasanya banyak di temui di area pantai Widarapayung dan sekitarnya.Cita rasa gurih dari Rempeyek Yutuk akan jadi memicu kamu tergoda untuk tidak berhenti menikmatinya. Selain itu, warna orange kemerah-merahan jadi memberi kesan unik dari olahan khas Cilacap ini. Tentunya terhitung bergizi, jadi safe dikonsumsi langsung maupun sebagai lauk pendamping banyak ragam menu yang kamu coba di Cilacap.

Kerupuk Tengiri

Belum suka disaat berada di Cilacap namun hanya mempunyai pulang Rempeyek Yutuk, tanpa Kerupuk Tengiri. Kerupuk Tengiri Makanan Khas Cilacapmemiliki wujud bulat dengan warna kecoklatan. Tentunya rasa gurih dari ikan tengirinya menjadi melekat di lidah. Perpaduan rasa yang sempurna dan sudah pasti awet memicu kamu mesti membawanya pulang untuk keluarga di rumah.

Keripik Dan Stik Sukun

Buah sukun tidak hanya nikmat di santap secara langsung makanan khas cilacap, namun terhitung disaat dimasak jadi banyak ragam olahan. Sebut saja, olahan Keripik dan Stik buah Sukun. Tidak hanya memiliki cita rasa nikmat, perpaduan rasa gurih layaknya roti memicu jajanan khas Cilacap ini disukai seluruh kalangan. Tidak hanya itu, sudah pasti terhitung renyah dan sesuai dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Makanan khas Cilacap ini memiliki karakteristik bentuknya yang tipis, serta stik berupa persegi panjang. Rasanya yang nikmat dan tahan lama menjadikan kamu tidak mesti cemas disaat mengidamkan membawanya pulang di dalam jarak jauh. Jadi, rela mempunyai renyahnya berlibur di Cilacap, jajanan inilah pilihannya