03/12/2022
9 jenis makanan kekinian takjil
Makanan Kekinian

Makanan Kekinian, Kali ini pembahasan kita adalah 9 jenis makanan kekinian dan minuman tren saat puasa dalam suasana bulan Ramadhan. Ketika Puasa tiba merupakan hal terpenting di bulan Ramadhan 2022 ini. Puasa adalah waktu yang tepat untuk menikmati takjil atau makanan dan minuman kekinian.

Di masa puasa ini banyak bermunculan orang membuka usaha memasarkan bermacam jenis takjil makanan dan minuman kekinian. Adapun jenis Makanan Kekinian dan minuman kekinian paling diminati para orang dikala puasa diantaranya:

Daftar Minuman & Makanan Kekinian di Bulan Puasa

Ramadhan yakni waktu yang di tunggu-tunggu oleh semua umat Islam. Di bulan inilah para umat islam mengerjakan ibadah puasa untuk menghilangkan tindakan tidak terpuji. Orang-orang mulai berpuasa, ibadah di rutinkan, dan tentu saja banyak yang mencoba usaha jualan Makanan Kekinian dan minuman selama bulan puasa.

Peristiwa berbuka puasa memang menjadi waktu yang membahagiakan. Bila dulu pasar mulai ramai dengan penjual takjil makanan dan minuman kekinian untuk berbuka puasa, kini warga memilih untuk mengorder secara online.
Pada bulan ini juga makanan kekinian khas dan minuman favorit akan bermunculan. Sebagian masyarakat banyak yang menantikan makanan takjil ini dengan senang.

9 Ragam Makanan Kekinian dan Minuman Spesial di Bulan Puasa

Berikut sebagian jenis Makanan Kekinian dan minuman kekinian dikala bulan puasa yang bisa Anda coba:

Aneka Es Buah Segar Kolang Kaling Kekinian

Makanan Kekinian

Godaan terberat dikala berpuasa bukanlah menahan lapar. Melainkan menahan dahaga yang mungkin dirasakan saat menjelang berbuka puasa. Apalagi cuaca akhir-akhir ini kian panas dan kegiatan kian padat. Tentunya orang akan mencari sesuatu yang menyegarkan untuk berbuka puasa.

Melihat es buah kolang kaling kekinian pasti tergiur untuk membelinya. Ditambah lagi dengan rasa dan temperatur dingin yang pasti nya menyegarkan. Rasa manis sirop dan susu dipadukan dengan rasa buah segar benar-benar akan menghilangkan dahaga bagi yang sedang berpuasa.

Baca Juga  Wah! Mari Kita Coba 12 Tempat Makan Viral DiBekasi Yang Lagi Hits

Aneka Es buah kekinian ini juga tidak kalah menarik bagi para instagramable. Tidak ketinggalan pula pop ice dengan varian topping unik kekinian yang menggugah selera kita pun pasti turut hadir.

Es Dawet Asli Jawa atau Es Cendol Kekinian

Untuk opsi minuman lain yang tidak keok peminatnya, yakni es cendol atau es dawet kekinian.
Siapa yang bisa menolak rasa asli perpaduan santan, gula kelapa, dan butiran dawet yang terbuat dari tepung terigu berwarna hijau ini.

Sensasi manis gurih yang diwujudkan dalam es cendol menjadikan minuman ini sebagai primadona. Ditambah dengan topping lidah buaya atau Dalgona hunkwei yang membuat minuman ini banyak dicari-cari.

Ada juga Es dawet dicampur dengan es krim. Dimana minuman ini rasa manis dan teksturnya lebih creamy membuat cita rasa es dawet ini lebih mendominasi.

Es Pisang Ijo Ungu Kekinian

Makanan Kekinian

Es pisang Ijo juga menjadi salah satu primadona es campur di bulan Ramadhan. Jajanan khas Makassar ini tak hanya menyegarkan tapi juga ngenyangin.

Kini ada lagi jajanan pisang yang mulai populer. Takjil ini berupa pisang yang diberi sentuhan berbeda oleh penjual sehingga tampak Instagramable. Lebih uniknya lagi buatan sangjo.id dengan mengganti bubur sumsum dengan flavor kekinian.

Adapun Salah satu pelopornya adalah Pisang Ungu salah satu makanan kekinian. Dilansir berdasarkan tagline Premium Indonesian Dessert. pisangungu.id di Instagram menjual pisang ijo dengan lapisan luar dadarnya diganti menjadi warna ungu.

Warna ungu didapat dari campuran ubi taro dan tepung. Selanjutnya adonan ini di balut dengan pisang raja kemudian dikukus. Topping pisang ungu seperti layaknya pisang ijo yaitu bubur sumsum, santan, es serut dan sirup.

Hidangan es pisang ini sangat cocok sebagai takjil saat berbuka puasa. Es pisang terbuat dari buah pisang yang dibungkus dengan adonan tepung flavor.

Disajikan dengan bubur sumsum, flavor kekinian, sirup dan ditambah es batu untuk memberikan sensasi dingin.

Minuman dingin Kekinian

Variasi minuman dingin yang semakin banyak dengan mix yang berbeda-beda pun membanjiri suasana di bulan puasa. Hal ini disebabkan perkembangan kuliner yang terus melaju pesat. Sehingga mendorong ide baru khususnya dalam minuman dingin.

Baca Juga  Wow Keren! Inilah Tempat Nongkrong Di Medan Terbaru Dan Terlengkap 2022

Adapun jenis minuman dingin kekinian yang sedang viral diantaranya: es teh manis, es jeruk muda, es kelapa hijau, Teh susu boba, Thai tea, milo ice, kopi dalgona, milkshake varian rasa, es tape, es campur dan lain sebagainya.

Minuman dingin ini banyak dicari karena tidak hanya dinikmati saja tetapi juga bisa digunakan sebagai pelepas dahaga setelah menyantap makanan.

Bubur dan kolak Kekinian

Dari minuman kita beralih ke makanan kekinian. Bubur dan kolak merupakan makanan pembuka wajib saat puasa. Hal ini tidak mengherankan karena anjuran makan makanan manis untuk mengembalikan energi saat berbuka puasa selalu tergaung di bulan Ramadhan.

Berbagai pilihan macam bubur dan kolak kekinian yang populer tersaji saat berbuka puasa. Ada bubur sumsum, bubur ketan hitam, bubur cha cha, bubur candil, bubur kacang hijau, kolak pisang, kolak ubi taro, kolak pelangi, dan kolak dessert glass yang sedang hits.
Selain disajikan hangat, ada juga bubur dan kolak yang ditambahkan dengan es batu agar terasa lebih segar.

Cilok Kekinian

Cemilan murah ini masih memiliki jumlah peminat lumayan banyak di bulan Ramadhan maupun di bulan-bulan sebelumnya. Cilok merupakan jajanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka dan dipadukan dengan bumbu pelengkap seperti saus sambel kacang, kecap dan sambal.

Dibandingkan dengan jajanan berbahan tapioka Jawa Barat lainnya seperti cireng dan cimol, cilok lebih kenyal sehingga lebih mudah disantap dan cocok untuk jajanan bagi orang yang ingin berbuka puasa.
Bandung merupakan kota asal dari makanan kekinian cilok ini.

Beragam macam cilok kekinian dapat anda temukan disini, diantaranya cilok salju, rainbow, cilok beranak, cireng, cikar, dan cilok bumbu bakar.

Gorengan Kekinian

Jajanan murah lainnya yang cukup laris manis adalah gorengan. Sama seperti cilok, gorengan juga masih menjadi jajanan favorit tidak hanya di bulan puasa tapi juga di bulan-bulan lainnya.

Baca Juga  13 Makanan Khas Dayak Kalimantan Yang Lezat

Cemilan yang satu ini merupakan jajanan paling digemari di Indonesia. Gorengan sendiri terbagi 2 jenis yakni gorengan tradisional hingga gorengan kekinian.

Selain mudah dibuat harganya pun sangat murah dan praktis untuk dimakan barengan saat nongkrong.
Jenis gorengan kekinian antara lain: Churro, Cireng mozarella, Bom brulee, Risol mayo, Susu goreng, kroket kentang, piscok keju, bola singkong, Tempe goreng, tahu isi, pisang goreng pasir, ubi goreng dan bakwan yang biasa tersedia sangat cocok dijadikan menu takjil saat buka puasa dan pengganjal sebelum makan berat lainnya.

Bahan-bahan pembuat gorengan murah dan mudah ditemukan serta cara pembuatannya cukup simpel. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba menjual ide jualan makanan di bulan puasa ini.

Jajanan Pasar

Jajanan pasar terdapat berbagai bentuk camilan murah dan enak dan memang banyak sekali penggemarnya. Meskipun begitu ada banyak orang yang menghindari makanan ketika terjatuh.

Salah satu alternatif camilan yang bisa disantap dari pasar adalah kue-kue basah dan jajanan yang dijual di pasar lainnya. jenisnya cukup beragam, ada putu, kue lapis, wajik, klepon, serabi, getuk, onde-onde dan masih banyak jenis lainnya.

Karena rasanya yang biasanya manis dan tekstur yang lembut. Makanan kekinian seperti ini tidak hanya disukai oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Olahan Kurma Kekinian

Bulan Ramadhan tentu saja tak lepas dengan kurma. Banyak sekali orang yang sudah memborong kurma bahkan jauh-jauh hari sebelum puasa dimulai.

Selain karena kurma memang disunahkan dalam agama Islam. Kurma juga mengandung banyak manfaat. Di tahun ini permintaan kurma meningkat dua kali lipat dibanding hari biasanya.

Untuk meningkatkan nilai tambah, kurma kekinian biasanya dibalut dengan olahan yang instargamable. Jenis jajanan pasar diantaranya seperti coklat kurma, bolu kurma, pancake kurma, puding kurma dan lain sebagainya.

Deretan makanan kekinian untuk berbuka puasa di atas kerap kali dicari oleh masyarakat Indonesia. Beberapa di antaranya memang sudah ada semenjak dulu. Akan tetapi karena sudah dimodifikasi dengan unik. Hal inilah yang membuat orang-orang penasaran untuk mencobanya. Jadi, kalian sudah mencoba yang mana aja nih?

35 thoughts on “Wow! Ini Dia 9 Makanan Kekinian Paling Disukai Saat Bulan Puasa

Comments are closed.