03/12/2022
Makanan Khas Mojokerto

Makanan khas mojokerto, Masyarakat Mojokerto tentu udah mengenal bersama dengan baik apa saja ragam ke unikan kulinernya, jadi berasal dari destinasi wisata hingga kuliner. Daerah utama penyangga sekaligus kota maju di Provinsi Jawa Timur ini termasuk didalam lokasi bersama dengan pertumbuhan cukup pesat di bandingkan kota lain. Selain terkenal dapat perekonomiannya yang maju, dan memiliki wisata unik dan menarik, Mojokerto pun sediakan lezatnya hidangan khas. Setiap makanan khas Mojokerto di jamin mampu menggoyang lidah siapapun yang mencobanya. Penasaran apa saja kuliner khas Mojokerto? Mari liat ulasannya didalam wacana Kuliner Kota selanjutnya ini!

Nasi Wader

Ketika teman baik kuliner sedang berwisata ke tempat Pacet Mojokerto, teman baik kuliner dapat menemukan sejumlah warung yang menjajakan Nasi Wader khasnya. Nasi Wader menjadi salah satu hidangan yang harus di coba jika udah berkunjung ke Kota Mojokerto. Dalam seporsinya memuat nasi putih, ikan wader goreng dan tambahan lalapan.

Cita rasa ikan wadernya gurih, lebih-lebih sesudah di bumbui makin lama menaikkan kenik matan sejak gigitan pertama. Bagi teman baik kuliner yang pengagum pedas termasuk harus menjajal Nasi Wader khas Mojokerto, rasa pedasnya yang membakar lidah berpadu bersama dengan ke segaran lalapan di jamin menyebabkan nafsu makan teman baik kuliner bertambah. Kalau udah mencoba nikmatnya Nasi Wader, jangan lupa berkunjung ke dua kali bersama dengan keluarga maupun teman!

Botok Tempe

Botok Tempe menjadi salah satu makanan khas mojokerto lauk yang harus di coba kala teman baik kuliner berkunjung ke Mojokerto. Hidangan tradisional ini merupakan jenis makanan terbuat berasal dari ampas kelapa yang di campur bahan penyedap lain seperti udang, tempe, tahu dan teri. Di Mojokerto umumnya menyajikan Botok Tempe bersama dengan nasi jagung atau sajian khas lain.

Baca Juga  Mantap! Yuk Nyicip Tempat Makan Sate Maranggi Di Purwakarta Terenak Yang Menjadi Rekomendasi Di Tahun 2022 Ini

Karena bercita rasa khas, tak heran jika kuliner satu ini sering di jadikan oleh-oleh para wisatawan. Bagi teman baik kuliner yang tertarik membelinya, jangan lupa bawa teman maupun anggota keluarga dan beli Botok Tempe di tempat asalnya.

Gulai Basor Atau Entok

Makanan khas Mojokerto selanjutnya berkunjung berasal dari lezatnya Gulai Entok. Hidangan ini terbuat berasal dari daging itik atau entok yang memang banyak di ternakkan di sekitar lokasi Jawa Timur. Karena tekstur dagingnya lembut dan tebal, tentu mampu di santap seluruh kalangan dan cocok di jadikan gulai.

Rasa khas gulainya pun tak menyebabkan enak lidah , lebih-lebih di jamin teman baik kuliner mampu ke tagihan pas pertama kali coba. Kuahnya berbumbu dan berminyak, cocok sebagai santapan siang bersama dengan sepiring nasi. Namun jika berada di Mojokerto, maka kamu dapat lebih sering menemukan Gulai Entok menjadi hidangan utama makan malam.

Sate Bangil Atau Sate Kambing

Hidangan sate tetap memiliki ke khasannya di tiap-tiap daerah, termasuk makanan khas mojokerto yang memiliki Sate Bangil sedapnya. Sate ini merupakan sate kambing yang mampu teman baik kuliner menentukan isiannya cocok selera. Mulai berasal dari jeroan hingga lemak mampu di pesan tentu bersama dengan harga bervariasi. Satu porsinya memuat 10 tusuk sate, umumnya di sajikan bersama dengan bumbu kacang, sambal dan irisan bawang merah. Makin enak makan Sate kambing di barengi nasi hangat dan segelas teh

Sambal Wader

Selain lezatnya nasi wader,makanan khas mojokerto pun memproses ikan wader sebagai sambal. Sambal Wader berasal berasal dari ikan wader air tawar yang di campur bumbu sambal. Rasa pedas yang tentu menggoda selera, lebih-lebih jika sambal ini menjadi tambahan lauk nasi wader, di jamin tak tahan mengidamkan nambah kembali dan lagi. Masyarakat Mojokerto umumnya melacak ikan wader di sungai atau membudidayakannya langsung. Meski cuma bersifat sambal, tetapi sajian ini masuk didalam daftar makanan khas Mojokerto favorit masyarakatnya.

Baca Juga  Daftar 7 Jajanan Jadul Terbaik Hingga Kini Masih Populer

Bubur Sruntul

Menikmati Bubur Sruntul pas sarapan udah menjadi perihal biasa bagi masyarakat Mojokerto. Makanan khas Mojokerto ini menjadi favorit sejak dulu, bukan cuma gara-gara rasa manisnya melainkan tekstur bubur yang lembut dan mengenyangkan. Terbuat berasal dari tepung sagu yang di olah bersama dengan bumbu khas sehingga menghasilkan Bubur Sruntul yang lezat.

Legit manis rasanya yang tak mampu di temukan terhadap bubur manapun menyebabkan sajian ini makin lama di buru oleh para wisatawan. Apalagi jika di jadi bersama dengan kuah buburnya yang kental tentu lebih menaikkan selera. Jika sedang berada di Mojokerto, makanan khas mojokerto tak tersedia salahnya teman baik kuliner untuk mencoba bubur khas satu ini ya.

Rawon Mojokerto

Makanan khas mojokerto Rawon menjadi hidangan yang susah di tolak ke hadirannya pas berkunjung ke Jawa Timur. Siapa sangka Rawon Mojokerto berlainan berasal dari rawon jenis lain, yaitu terhadap pemanfaatan bahan dan kuahnya. Daging di potong kecil-kecil, bumbu di tumis dan di campur bersama dengan air. Daging selanjutnya di masukkan ke didalam rebusan hingga empuk dan kuahnya hingga mendidih.Setelah matang, Rawon Mojokerto pun siap di santap bersama dengan sepiring nasi hangat. Paling enak makan rawon di taburi tauge dan bawang goreng. Rasanya lebih menggugah selera makan teman baik kuliner dan juga makin lama gurih.

Tempat: Gado-Gado dan Nasi Rawon Bu Zaini
Alamat: Jalan Sersan Harun, Mergelo, Purwotengah, Mojokerto
Harga: Mulai Rp10.000

Sate Keong

Makanan khas mojokerto Sate Keong bukanlah sate biasa yang banyak di temukan di beraneka wilayah. Seperti namanya, sate ini memanfaatkan daging keong sebagai bahan utama. Karena bahannya jarang di temukan maka penjaja hidangan ini pun susah di jumpai. Tetapi kala udah berada di Mojokerto, kamu tetap mampu mendapatkan lezatnya Sate Keong.

Baca Juga  Daftar Menu Harga┬áLokasi Terdekat, & Harga Kopi Kenangan Terbaru 2022

Cara membuatnya pun cukup mudah asalkan tetap mencermati ke bersihan dan ke telatenan, tentu sehingga cita rasanya tetap menggugah selera. Sebelum membiarkan cangkang, terutama dahulu keong di rebus, barulah di terlepas dan di olah menjadi sate. kala sedang berada di Mojokerto, teman baik kuliner harus mencoba kuliner yang satu ini gara-gara ke mungkinan dapat susah teman baik kuliner temukan di tempat lain.

Harga: Sekitar Rp12.000

Onde-Onde

Masyarakat Indonesia sudah pasti udah familiar bersama dengan jajanan Onde-Onde. Selain banyak di temukan di lokasi Jawa Tengah, cemilan tradisional ini pun termasuk datang di Mojokerto loh. Hampir di tiap-tiap penjuru kota kamu dapat menemui pedagang yang menjajakan Onde-Onde bersama dengan beraneka varian. Sobat kuliner termasuk termasuk mampu menjadikannya oleh-oleh untuk keluarga dan teman di pas bersantai di mojorkerto.

Terbuat berasal dari tepung ketan dan campuran bahan lain yang ke mudian di wujud menyerupai bola kecil. Isiannya yang paling banyak di temukan adalah kacang hijau, tetapi hingga pas ini pun Onde-Onde udah berinovasi bersama dengan rasa lain yaitu coklat, keju, matcha, inti dan tetap banyak lagi. Uniknya lagi, anggota luar Onde-Onde di taburi wijen sehingga makin lama lezat dan menyebabkan rasa khas berasal dari jajanan yang satu ini.