25/04/2024

Aneka Resep Masakan Chinese Food, Cocok Untuk Menu Sehari-hari

Aneka Resep Masakan Chinese Food, Makanan Cina, atau Zhong Guo Cai, dikenal karena keragaman, kompleksitas, dan rasa yang unik. Ini adalah bagian penting dari budaya Tionghoa, dan banyak hidangan telah diturunkan dari generasi ke generasi. Dari hidangan Sichuan yang pedas dan tajam hingga masakan Kanton yang lezat, ada banyak masakan Cina yang bisa Anda coba.

Berikut ini beberapa Aneka Resep Makanan Khas China Yang Bisa Anda Coba Di Rumah:

1. Fuyunghai

Jika bosan dengan olahan telur yang itu-itu saja, kamu bisa membuat fuyunghai ala chinese food sederhana. Resep fuyunghai sebetulnya mirip dengan telur dadar, tetapi adonan telurnya dicampur dengan sayuran dan protein seperti udang, ayam, atau kepiting. Dalam penyajiannya, fuyunghai disiram dengan saus asam manis yang lezat.

2. Capcay

Capcay bisa dikreasikan dengan menggunakan bermacam-macam sayuran dan protein. Bahkan kamu pun bisa membuatnya dengan kuah atau tidak. Bumbu capcay sendiri cukup sederhana. Hanya memakai bawang putih, bawang bombai, saus tiram, kecap ikan, kaldu bubuk, dan sedikit jahe.

3. Sapo tahu

Sapo tahu merupakan sajian yang berisi tahu dan sayuran yang dihidangkan dengan kuah gurih. Umumnya, sapo tahu menggunakan tahu sutra jepang, meski begitu kamu bisa mengantinya dengan tahu susu atau tahu putih biasa. Racikan bumbu sapo tahu terbuat aneka saus khas chinese food, seperti kecap asin, saus tiram, dan kecap ikan.

Baca Juga  Itu Dia 9 Menu Dunkin Donuts Paling Lezat dan Favorit

Beberapa orang juga menambahkan angciu, tetapi karena bahan tersebut nonhalal maka tidak perlu memakainya.

4. Udang cabai garam

    Ada satu olahan udang khas chinese food yang bisa dibuat dengan mudah, yaitu udang cabai garam. Untuk membuat udang cabai garam kamu hanya perlu mengoreng udang lalu menumisnya dengan bumbu sederhana.

    Bumbu tersebut terbuat dari cabai merah, cabai rawit, bawang putih, garam, dan kaldu bubuk. Jika ingin lebih harum, kamu dapat menambahkan jahe dan serai pada bumbunya. 5. Ayam koloke Ayam koloke juga dikenal dengan sebutan ayam kuluyuk atau ayam asam manis. Sajian ini terbuat dari ayam goreng tepung yang dimasak dengan saus asam manis kental. Dalam penyajiannya, biasanya ayam koloke diberi potongan nanas, wortel, dan kacang polong.

    5. Mapo tofu

    Selain sapo tahu, ada juga mapo tofu yang rasanya tak kalah enak. Sajian ini terbuat dari tahu sutra yang dimasak dengan saus pedas dan sedikit berminyak. Mapo tofu cocok dihidangankan saat cuaca dingin, karena kuahnya bisa membuat badan lebih hangat dan bugar.

    6. Pokcoy siram jamur

    Pokcoy bisa diolah menjadi sajian ala chinese food yang nikmat. Kamu bisa memasaknya dengan siraman tiga jamur. Resep pokcoy siram jamur ini sederhana saja. Untuk membuatnya cukup rebus pakcoy lalu siram dengan jamur yang ditumis dengan saus kental.

    7. Buncis saus tiram

    Di beberapa restoran Tiongkok, buncis saus tiram biasa dihidangkan dengan siraman daging cincang. Untuk membuatnya, cukup rebus buncis lalu sisihkan. Kemudian, tumis bawang putih dan jahe lalu masukkan daging cincangannya.

    Bumbui tumisan tersebut dengan saus tiram, kecap manis, dan kecap asin. Setelah matang, angkat lalu siramkan ke rebusan buncis.

    Baca Juga  13 Makanan Khas Dayak Kalimantan Yang Lezat

    8. Ayam kungpao

    Selain ayam asam manis, kamu pun dapat membuat ayam kungpao untuk sajian keluarga. Resep ayam kungpao ini cukup praktis, bahkan kamu bisa memakai ayam karage instan yang dijual di supermarket. Sementara itu, kamu dapat membuat saus kungpao dengan menggunakan cuka merah, cabai kering, saus tomat, saus tiram, dan kecap asin.

    9. Daging sapi lada hitam 

    sapi lada hitam oriental dengan paprika. Daging sapi lada hitam cocok dihidangkan sebagai menu makanan keluarga. Untuk membuat sapi lada hitam, baiknya gunakan bagian has dalam agar lebih empuk.  Jika tak ingin repot, kamu bisa memakai daging sapi slice yang dijual di supermarket. Baca juga: Resep Sapi Lada Hitam Oriental, Rasanya Seenak Restoran Sebelum dimasak, daging sapi tersebut harus dimarinasi dulu dengan saus lada hitam. Kemudian, tumis bumbu iris lalu masak bersama daging marinasi dan aneka sausnya.  Jangan lupa untuk menambahkan paprika serta sedikit air kaldu agar rasanya lebih enak.