03/12/2022
daftar 7 jajanan jadul populer hingga kini

Hingga saat ini jajanan jadul masih populer selalu menjadi favorit semua kalangan masyarakat Indonesia. Setiap generasi memiliki jajanan favoritnya masing-masing yang populer pada masanya.

Kali ini kita akan ulas artikel tentang daftar 7 jajanan jadul yang sampai sekarang masih populer. Penasaran jajanan jadul apa saja? Mari kita lihat ulasan daftar 7 jajanan jadul yang hingga kini masih populer di bawah ini.

Mie Lidi

Mie Lidi atau Lidi-lidian, Siapa pun yang berasal dari generasi pasca 90-an. Kalian pasti tahu jajanan jadul paling favorit yang satu ini. Ya, terutama adalah jajanan mie lidi super pedas. Ini camilan gurih denagn bentuk seukuran sumpit.

Mie Lidi Lidian - Jajanan Jadul Populer Masa kini

Dahulu mie lidi sering dijual dengan harga terjangkau di warung-warung dekat sekolah. Dari 500 hingga 5000, tergantung pada jumlah konten. Rasanya sendiri biasanya asin dan pedas.

Teksturnya renyah dan harganya murah. Kini, mi telah muncul kembali dan dijual di toko online dan snack bar. Bumbunya juga variatif, mulai dari keju, barbeque, hingga pedas sampai ke ujung lidah.

Namun kini mie lidi sudah semakin beragam varian. Ada jenis mie lidi dengan banyak rasa untuk dipilih. Seperti keju, barbekyu, balado, dan banyak lagi.

Selain itu, kemasannya juga akan didesain lebih modern sehingga menarik banyak perhatian. Anda juga bisa menemukannya di beberapa toko online dengan harga yang berbeda.

Seblak

Siapa sangka jika dulu Seblak adalah jajanan jadul khas Sunda? Namun, dulunya, sajian ini dibuat sederhana dan tetap memiliki rasa pedas.

Seblak - Jajanan Populer 2022

Dulu, seblak dikenal sebagai jajanan desa, karena hanya ada di dalam dan sekitar wilayah Bandung. Namun, sebenarnya sudah ada sejak tahun 1940-an.

Baca Juga  Menu Mie Gacoan Masa Kini Lengkap Dengan Harga Populer 2022

Popularitas Seblak tak hanya digandrungi masyarakat Indonesia. Namun, banyak orang asing seperti Korea juga penasaran dengan rasanya. Saat berwisata ke Indonesia, orang Korea ini tidak akan ketinggalan rasanya.

Jajanan Jadul Seblak kini diolah dengan cara yang lebih modern. Sesuai tren selera modern, toppingnya pun semakin beragam dan kaya.

Misalnya seblak ceker ayam, seblak ayam kampung, seblak sosis, seblak bakso ikan, seblak cilok, bahkan mozzarella. Jangan lupa, ada juga berbagai tingkat kepedasan yang bisa dipilih.

Kue Cubit

Kue Cubit - Jajanan Tempo Dulu Hadir Hingga Saat Ini

Berikutnya adalah Kue Cubit, yang dulunya populer di kalangan anak sekolah. Selain bentuk sarang laba-laba, kue lapis juga menjadi jajanan pasar yang populer di depan sekolah atau di pinggir jalan.

Kebanyakan anak menyukai kue cubit setengah matang ini. Alasannya agar tepung dan meses bisa meleleh dan bercampur. Sehingga hasilkan rasa yang lebih mantap.

Hampir semua restoran atau kafe dengan konsep tempat santai akhir-akhir ini pasti akan menawarkan menu dengan topping yang beragam. Variasi tidak hanya meisjes cokelat, tetapi juga teh hijau, kit kat, toblerone, keju, yang bisa dipadukan dengan es krim.

Dulu sempat hilang, tapi sekarang makanan enak ada di mana-mana. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tempat pertemuan yang menawarkan Kue Cubit sebagai makanan ringan. Bedanya, kue cubit modern kini hadir dalam berbagai rasa dan topping. Topping ini termasuk Oreo, matcha, keju, cokelat, dan banyak lagi.

Serabi

Serabi bandung - Jajanan Rakyat Populer Sepanjang Masa
Source: Saluran8

Selain itu, ada juga serabi yang sangat digemari anak-anak saat pulang sekolah. Betapa tidak, serabi dengan rasanya yang nikmat benar-benar. Rasa ini bisa menyentuh ujung lidah dan menyumbat perut untuk beberapa saat. Biasanya makanan ini dijual dengan harga terjangkau di depan sekolah.

Baca Juga  Viral! Penjual Cincau Viral DiBogor, Bisa Bahasa Inggris Hingga Belanda 2022

Serabi adalah jajanan tradisional yang terbuat dari bihun dan kuah santan encer. Di Tuban, serabi ini disebut srabeh. Medok Jawa, sungguh.

Penjual serabi tidak memiliki warung khusus seperti warung makan. Penjual pancake biasa menggembar-gemborkan kue ini di pinggir jalan raya dan gang, dan sudah ada di sana selama bertahun-tahun.

Secara umum, rasa muffin di sini sama. lezat. teksturnya saja membedakan satu penjual dari yang lain. Ada yang empuk, ada yang kurang.

Dulu, mungkin hanya serabi polos atau cokelat. Namun kini varian rasanya sudah beragam, seperti keju, matcha, dll. Anda bisa dengan mudah menemukannya di berbagai tempat nongkrong, cafe atau toko pinggir jalan.

Telur Gulung

Telur Gulung - Jajanan Pasar Paling Favorit
Telur Gulung – Jajanan Pasar Paling Favorit

Anak-anak juga biasa menikmati jajanan jadul yang disebut telur gulung. Dan hidangan ini adalah telur tipis yang digulung di atas tongkat. Nah, biar makin maknyus, biasanya ditambahkan saus omelet spesial.

Dengan tampilan bentuk sederhana tapi selalu bikin kangen. Telur gulung tidak pernah kehilangan peminatnya dari dulu hingga sekarang. Dulu, telur gulung hanya terdiri dari telur tipis yang digulung dengan stik di minyak panas.

Kini telur gulung punya racikan yang tak kalah unik. Banyak penjual yang memadukannya dengan bihun, sosis, mozzarella, kulit ayam, dicampur bumbu rendang dan takoyaki.

Sekarang telur gulung dibuat dengan berbagai campuran. Seperti sosis, ayam, bihun, mozzarella, dan lainnya. Beberapa toko dan kafe sudah menawarkan lumpia ini untuk menambah selera makan.

Leker – Jajanan Rakyat Trend Kekinian

Leker - Makanan Viral
Leker – Makanan Viral

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Leker. Jajanan ini dulunya terkenal dengan rasanya yang manis dan harganya yang murah.

Baca Juga  Wow! Ini Dia 9 Makanan Kekinian Paling Disukai Saat Bulan Puasa

Manis, renyah, harum dan hangat adalah gambaran dari cita rasa jajanan kue leker. Awalnya jajanan ini populer di Solo dan Semarang, namun kini leker mulai populer. Bahkan isinya tidak hanya saus cokelat, tapi keju.

Leker versi saat ini diisi dengan berbagai topping royal dan rich. Seperti orak-arik danau yang diisi sosis, telur, jagung manis. Ada juga topping lekker manis seperti matcha, chocolate, dan lelehan keju mozzarella.

Sekarang leker masih digemari anak muda karena rasanya yang lebih beragam. Faktanya, dia jauh lebih besar dari dia yang dulu, kau tahu.

Jajanan Jadul Cilok Favorit

Cilok Bandung - Daftar Jajanan Jadul Populer
Cilok – Jajanan Jadul Tak Kekang Waktu

Selanjutnya adalah cilok yang juga menjadi rajanya jajanan anak sekolah. Seni kuliner ini seperti candu karena enak dan bahkan bisa diisi dalam jumlah banyak. Ditambah lagi, disajikan dengan saus spesial yang tidak akan pernah bosan dibeli oleh anak-anak.

Cilok termasuk ke dalam jajanan jadul yang populer dari Jawa Barat dengan bahan terbuat dari tepung tapioka. Dengan dicampur dengan bumbu halus kemudian dibentuk menjadi bentuk bulat.

Jajanan jadul ini disajikan dengan saus pedas untuk menambah rasa. Biasanya jajanan ini disajikan di gerbang sekolah, dan isiannya pun sangat sederhana.

Sekarang makanan cilok berubah sesuai seleranya. Ada yang menambahkan mozzarella, beef, chicken, dll. Anda bisa dengan mudah menemukannya di berbagai toko online, dan banyak juga yang menjual frozen food.

Sekarang cilok telah menjadi makanan yang populer dan disajikan di banyak restoran. Untuk kreasi terbarunya ada cilok bakar, cilok isi daging sapi, cilok telur puyuh dan cilok delivery yang dijamin bikin kenyang.

Kesimpulan Jajanan jadul Yang Masih Bertahan & Digemari Hingga Kini

Ulasan mengenai jajanan jadul di atas memang menjadi favorit anak-anak. Tapi sepertinya sekarang lebih populer karena rasanya yang lebih beragam. Jadi jajanan jadul apa yang kamu suka?