25/04/2024
Jajanan Khas Banyuwangi

Jajanan Khas Banyuwangi, Banyuwangi merupakan bagian dari Provinsi dari Jawa Timur, yang letaknya berada di ujung Pulau Jawa. Tentunya kamu kenal Banyuwangi dengan unsur keseniannya yang begitu kental. Tetapi selain unsur keseniannya yang terkenal, Banyuwangi juga memiliki ragam jajanan khas yang musti kamu cicipi.

Berikut ini ulasan tentang ragam jajanan khas Banyuwangi yang wajib kamu coba sekaligus bisa di jadikan untuk oleh-oleh. Simak ulasan Mimin berikut ini ya!

1. Bagiak

Jajanan Khas Banyuwangi

Jajanan Khas Banyuwangi kue yang satu ini merupakan camilan khas dari Banyuwangi yang terbuat dari tepung sagu dan juga kelapa parut. Kue kering ini memiliki bentuk lonjong, dengan berbagai varian rasa, di antaranya jahe, keju, durian, nangka, dan lain sebagainya. Kue ini dapat bertahan lama hingga 3 bulan.

Memiliki tekstur yang keras, tetapi akan terasa lembut ketika sudah di mulut, kue ini banyak disukai olah anak-anak. Kue bagiak ini termasuk kue yang mudah kamu dapatkan di mana saja, setiap toko kue di Banyuwangi pastinya akan siap tersedia. Selain itu harganya lumayan cukup terjangkau.

2. Klemben

Klemben merupakan Jajanan Khas Banyuwangi yang biasa disebut juga dengan bolu kluwuk. Kue ini dibuat dengan bahan yang sederhana, hanya tepung terigu, telur, dan juga gula. Bolu ini memiliki bentuk yang unik yaitu seperti kura-kura. Bolu ini biasanya akan banyak kamu temui pada momen hari raya.

Bolu khas Banyuwangi ini memiliki dua jenis, yaitu kue basah dan juga kue kering. Jajanan Khas Banyuwangi yang kering dapat bertahan hingga 1 bulan, sehingga kamu dapat menjadikannya sebagai oleh-oleh. Bolu ini dapat kamu kamu nikmati bersama dengan kopi atau teh hangat sambil menikmati suasana di sore hari.

Baca Juga  Keren Nih 11 Makanan Khas Bandung Yang Wajib Di Coba

Untuk menikmati bolu klemben ini kamu cukup mengeluarkan uang sekitar 15 ribu rupiah untuk satu kemasannya dengan berisikan 40 buah bolu. Bolu tersebut biasanya telah dikemas dengan kemasan plastik dan dijual di pusat oleh-oleh Banyuwangi di Jalan Basuki Rahmad.

3. Kue Untir-Untir

Jajanan Khas Banyuwangi

Kue untir-untir, jika kamu melihatnya mirip dengan kue tambang, camilan ini memiliki rasa manis dan gurih, serta memiliki tekstur yang renyah. Kue ini dibuat dengan bahan dasar tepung terigu dan kacang tanah. Kue untir-untir ini merupakan camilan ringan yang cukup populer Jajanan Khas Banyuwangi.

Kue untir-untir merupakan camilan dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga kamu tidak perlu ragu untuk membelinya dalam jumlah yang besar. Camilan ini bisa kamu jadikan kudapan di saat santai sambil menonton TV. Saat mampir ke Banyuwangi, jangan lupa untuk mencobanya.

Kue untir-untir yang manis ini dapat kamu beli dengan harga sekitar 14 ribu rupiah untuk satu kemasan dengan berat 200gr. Kue ini biasanya dikemas dengan menggunakan toples atau juga plastik. Kue ini dapat kamu dapatkan di pasar tradisional atau juga oulet penjual oleh-oleh.

4. Sale Pisang

Banyuwangi memiliki daerah yang menjadi sentra dari pembuatan Jajanan Khas Banyuwangi sale pisang. Daerah yang menjadi sentra tempat pembuatan sale pisang ini sangat dikenal luas oleh masyarakat. Daerah itu antara lain, Kelurahan Klatak, Lateng Kecamatan Glagah, Bangorejo, dan masih banyak yang lainnya.

Sale pisang dibuat dengan cara menyisir tipis pisang yang telah matang, lalu dijemur dibawah sinar matahari. Setelahnya akan dimasak dengan cara dioven. Rasa yang manis dan tekstur yang kenyal merupakan citasa rasa dari sale pisang Banyuwangi. Sale pisang ini dapat juga kamu jadikan oleh-oleh.

5. Ladrang Sabrang

Jajanan Khas Banyuwangi

Cemilan yang satu ini dibuat dengan bahan dasarnya dari ubi ungu, tampilan dari Jajanan Khas Banyuwangi ini seperti cheese stick, dengan bentuk panjang dan pipih. Rasa dari camilan ini gurih dan memiliki tekstur yang renyah. Harga jajanan ini juga terbilang cukup murah dapat terjangkau untuk isi dompetmu.

Baca Juga  Yuk ! Cek 9 Tempat Makan Lalapan Enak di Malang Yang Paling Lezat

Jajanan ladrang sabrang ini juga memiliki khasiat, zat yang terkandung dalam ubi ungu ternyata mampu mengatasi beberapa penyakit. Penyakit yang dapat diatasi oleh ubi ungu adalah diabetes, obesitas, dan juga kanker. Bagi kamu yang sedang diet, Jajanan Khas Banyuwangi yang satu ini musti kamu coba.

6. Pia Glenmore

Jika mendengar kata bakpia maka yang terlintas adalah Kota Yogyakarta, tetapi, tak hanya Yogya yang memiliki pia yang cukup terkenal. Banyuwangi juga memiliki pia yang cukup terkenal yaitu pia Glenmore. Pia ini diproduksi di Banyuwangi, lebih tepatnya di kecamatan Glenmore.

Pia glenmore ini memiliki citarasa yang tidak kalah dari pia yang lain. Pia ini memiliki 12 rasa yang dapat kamu pilih, dari rasa keju, kacang hijau, dan cokelat, serta rasa yang lainnya. Pia ini memiliki isian yang lembut dan kulitnya yang renyah berbeda dari pia khas Yogya.

Pia ini dijual dengan harga 20 ribu untuk satu kotaknya dengan isi 10 bakpia. Pia Glenmore selalu selalu disajikan dalam keadaan baru, dipanggang pada hari yang sama. Kamu perlu segera memesan rasa favorit agar tidak kehabisan. Pia ini sangat enak untuk kamu jadikan teman minum kopi.

7. Rengginang

Jajanan Khas Banyuwangi Rengginang memang merupakan makanan yang banyak dapat kamu temukan hampir di seluruh pulau Jawa. Setiap daerah memiliki ke khasannya masing-masing. Banyuwangi pun memiliki rengginang yang menjadi camilan khas dari kotanya. Rengginang ini memiliki beragam rasa yang dapat kamu coba.

Selain dari rasa terasi, ada juga rasa dari bawang putih, udang, dan juga cumi. Rengginang ini dicetak dengan meggunakan tangan secara manual, dan dikeringkan dengan menggunakan oven. Pengeringan dengan oven membuat renggingan kering dengan merata.

Baca Juga  Wah ! Keren Nih 15 Rekomendasi Jajanan Viral Saat Ini dan Dijamin Bikin Untung

Rengginang yang kering secara merata akan menghasilkan rengginang yang mengembang dengan sempurna saat digoreng. Kamu mau mencoba rengginangnya, kamu dapat membelinya dengan harga sekitar Rp15.000. Rengginang ini dapat kamu temukan di pusat penjualan oleh-oleh.

8. Kerupuk Rumput Laut

Jajanan Khas Banyuwangi Kerupuk merupakan makanan ringan yang tak hanya jadi cemilan tapi juga makanan yang wajib selalu ada sebagai pendamping makanan utama. Kamu bisa mencoba jenis kerupuk yang baru dari Banyuwangi yaitu kerupuk rumput laut. Kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dengan rumput lautnya.

Bahan untuk kerupuk rumput laut ini adalah bahan bahan pembuat kerupuk seperti biasa, hanya saja diberi tambahan rumput laut pada adonannya. Kerupuk ini merupakan hasil sebuah UMKM yang dikembangkan oleh ibu-ibu dari sebuah koperasi wanita Wongsorejo. Jika kamu ingin mencoba kenikmatan dari kerupuk rumput laut ini kamu bisa membelinya dengan harga 15 ribu rupiah. Kamu juga dapat menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kamu bisa mendapatkannya outletnya di jalan pancursari 5/9 Benculuk, Cluring, Banyuwangi.

9. Tape Buntut

Tape buntut terkenal karena kemasan yang unik yaitu dengan menggunakan daun jati. Pada pembukusan tapenya, tangkai dari daun jati dibiarkan tetap ada, sehingga membentuk seperti ekor atau juga buntut. Suku Using Banyuwangi merupakan tempat makanan khas ini berasal.

Tape tak hanya ada di Bandung saja tetapi Banyuwangi juga memlikinya dengan rasa yang sama nikmatnya. Kamu dapat mencoba mencicipi tape ini dengan harga 15 ribu rupiah per kilonya. Kamu bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah.

9 Jajan-jajanan ini semua dapat kamu coba saat kamu berkunjung ke kota Banyuwangi. Harganya cukup terjangkau tidak akan membaut kantong kamu bolong. Jangan sampai menyesal, karena kamu melewatkan jajanan enak ini. Dari beragam jajanan ini mana yang ingin kamu coba