• Slot Bonus New Member
  • Slot Bonus
  • SLOT BONUS 100
  • SLOT BONUS 100 TO 3X
  • AGEN SITUS TO KECIL 8X DI AWAL SLOT BONUS NEW MEMBER 50% 100%
  • Bocoran Rtp Slot
  • Bocoran Link Rtp Slot Hari Ini
  • AGEN SITUS TO KECIL 8X DI AWAL SLOT BONUS NEW MEMBER 50% 100%
  • Slot Bonus
  • SLOT BONUS 100
  • Daftar Situs Slot Pg Soft
  • Depo 25 bonus 25
  • AGEN SITUS TO KECIL 8X DI AWAL SLOT BONUS NEW MEMBER
  • Depo 50 Bonus 50 To 3x
  • Slot Bonus New Member
  • 01/06/2023
    Jenis Mochi Jepang

    Jenis Mochi Jepang, Hay, Moms apa kabar bertemu kembali lagi nih di artikel yang kita cintai ini dan pada kesempataan kali ini mimin akan membagikan reskomendasi Jenis Mochi Jepang dan kue Mochi menjadi mendunia ketika ada retailer yang menjual es krim mochi, dan toko-toko kecil pun kini bermunculan yang menjual camilan Jepang ini di seluruh dunia. Sebenarnya apa sih mochi itu? Definisi dasar dari “mochi” yaitu kue beras ketan yang dibuat dengan beras ketan yang disebut mochigome. Umumnya mochi dibuat dengan menumbuk nasi yang dikukus dengan usu dan kine (lesung dan alu).

    Untuk melakukannya dibutuhkan dua orang, jadi biasanya hanya dilakukan untuk acara-acara perayaan. Jenis mochi Jepang yang dibuat dengan cara tradisional biasanya disajikan sekitar perayaan tahun baru Jepang. Sekarang sebagian mochi dibuat sebagian besar menggunakan mesin. Mochi memiliki beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis mochi Jepang yang populer.

    1. Daifuku Mochi

    Jenis Mochi Jepang

    Jenis Mochi Jepang Sering disebut sebagai daifukumochi, daifuku merupakan salah satu jenis mochi Jepang yang populer. Biasanya mochi ini memiliki bentuk bola bundar kecil dengan lapisan luar yang kenyal dan isian yang lembut dan manis. Kulit daifuku terbuat dari mochi, yaitu bahan yang lengket yang dibuat melalui proses yang memakan waktu lama dengan cara menghancurkan nasi yang direbus atau dikukus. Mochi ini sering diberi warna berbeda. Warna yang paling umum yaitu pink muda dan hijau muda.

    Setiap Jenis Mochi Jepang daifuku diisi yang creamy dan manis, dan yang paling umum yaitu pasta kacang merah tradisional yang rasanya tidak terlalu manis, yang populer disebut anko atau tsubuan. Isi populer lainnya, contohnya krim dan pasta rasa kastanye, aprikot, moka, atau karamel, atau terkadang es krim. Ichigo daifuku merupakan varian mochi daifuku musiman yang paling populer yang diisi dengan stroberi utuh yang dilapisi tipis dengan pasta kacang merah. Daifuku disantap sebagai makanan penutup atau camilan cepat saji dan umumnya dihidangkan ditemani secangkir teh hijau.

    Baca Juga  7 Tempat Makan Di Dago Yang Hits Banget

    Beragam varian Jenis Mochi Jepang daifuku dapat ditemukan di seluruh Jepang dan dengan mudah tersedia di toko serba ada, supermarket, restoran, serta toko kue yang menjual dessert. Mochi daifuku juga biasanya dihidangkan selama upacara minum teh tradisional Jepang.

    2. Kagami Mochi

    Kagami yang artinya “cermin”, mengacu pada bentuk mochi ini. Kagami mochi berbentuk tumpukan dua potong mochi, di atasnya terdapat buah jeruk. Varian mochi ini sebagian besar disimpan di rumah-rumah orang Jepang sampai kagami biraki, yaitu perayaan membuka cermin pada 11 Januari. Orang Jepang percaya bahwa hantu yang membawa keberuntungan untuk tahun berikutnya disembunyikan di kagami, sementara penumpukan mochi dipercaya bisa melipatgandakan peruntungan.

    Inilah alasan mengapa biasanya mochi ini dinikmati pada Hari Tahun Baru. Menurut tradisi, mochi harus dipecah, biasanya dengan tangan atau dengan palu kayu, dan tidak pernah dipotong. Potongan-potongan tersebut lalu digunakan secara tradisional dalam masakan Jepang seperti zenzai atau zōni.

    3. Botamochi

    Jenis Mochi Jepang

    Botamochi dan ohagi merupakan dua nama untuk menggambarkan jenis mochi Jepang yang terdiri dari pasta kacang merah halus atau kental yang dibungkus dengan bola yang terbuat dari nasi mochi yang lengket. Mochi ini disajikan selama hari raya umat Buddha di Ohigan, yang diadakan pada musim gugur dan musim semi, ketika orang-orang memberikan penghormatan kepada leluhur mereka dengan membuat persembahan di altar Buddha.

    Botamochi, diberi nama sesuai dengan bunga peony (botan), disantap selama musim semi, sementara ohagi, diberi nama sesuai nama semanggi semak Jepang, disantap selama musim gugur. Botamochi dan ohagi bisa dimakan apa adanya atau dilapisi bubuk kinako, bubuk matcha, rumput laut aonori, atau wijen tumbuk.

    Baca Juga  Wah! Mari Kita Coba 12 Tempat Makan Viral DiBekasi Yang Lagi Hits

    4. Hanabira Mochi

    Hanabira mochi atau “mochi kelopak bunga”, merupakan penganan langka dari daerah Kyoto yang secara tradisional disantap oleh bangsawan Jepang selama perayaan Tahun Baru. Terdapat beberapa elemen untuk hanabira mochi. Di antara elemen itu adalah manisan dari akar gobo burdock, pasta kacang putih yang dimaniskan dengan miso, dan sepotong mochi putih yang sangat lembut yang dipipihkan menjadi lingkaran yang datar dan dilipat untuk menutupi bahan lainnya.

    Hanabira mochi mempunyai tampilan yang khas karena bentuk mochi yang datar dan unik, yang dilipat menjadi dua menutupi isian di dalamnya dengan tepi dibiarkan terbuka. Mochi ini juga mempunyai warna merah merona karena isian warna-warni yang terlihat melalui warna putih mochi.

    5. Kirimochi & Marumochi

    Jenis Mochi Jepang

    Kirimochi dan marumochi merupakan dua jenis mochi yang tidak menggunakan pemanis yang dikemas dalam bentuk kering dan keras untuk dimasak. Kirimochi dipotong menjadi balok dan dikemas dengan disegel vakum, sedangkan marumochi berbentuk bulat. Keduanya bisa dihangatkan dengan mudah di dalam microwave sampai lembut dan lengket, dipanggang dalam oven sampai mengembang dan berwarna kecokelatan, atau bisa juga dipanggang di mesin pembuat wafel untuk mendapatkan bentuk yang unik.

    Kirimochi dan marumochi digunakan dalam bermacam-macam olahan, seperti untuk sop ozoni gurih yang disantap saat perayaan tahun baru, atau sebagai pencuci mulut yang di atasnya diberi bumbu manis.

    6. Sakura Mochi

    Jenis mochi Jepang ini umumnya dinikmati di musim semi untuk musim hanami, yaitu musim melihat bunga. Terdapat dua varian regional utama dari mochi ini. Di wilayah Kanto (Jepang Timur) shiratamako adalah sejenis tepung ketan yang manis dibentuk menjadi pancake berwarna merah muda dan digulung menutupi isian pasta kacang merah. Di wilayah Kansai, domyojiko yang berupa butiran nasi yang diwarnai dengan isian kacang merah di dalamnya. Keduanya diberi acar daun sakura yang rasanya meresap pada nasi tersebut.

    Baca Juga  Wow Keren! Inilah Tempat Nongkrong Di Medan Terbaru Dan Terlengkap 2022

    Penutup

    Nah, itulah mochi yang sekarang menjadi terkenal berkat varian es krim mochi. Jika dulu mochi dibuat dari bahan berupa nasi ketan yang ditumbuk dan dibuat dengan tangan, versi modern ada yang menggunakan tepung beras ketan dan menggunakan mesin. Selain itu mochi juga memiliki jenis yang hanya ada saat perayaan atau musim tertentu saja. Apakah kamu pernah mencicipi mochi? Nah sampai di sini dulunya pembahasan kita kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Selamat Mencoba 🙂