21/05/2024

Dalam dunia kuliner, potongan daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer. Salah satu kategori potongan daging sapi adalah secondary cut, yang terdiri dari potongan daging sapi yang memiliki kualitas di bawah prime cut. Dalam kategori secondary cut ini, terdapat dua jenis potongan daging sapi yang sering kali membingungkan, yaitu brisket dan shortplate. Dalam artikel ini, kita akan membahas Perbedaan Brisket dan Shortplate, serta tips bagaimana cara mengolahnya yang lezat.

 

Perbedaan Brisket dan Shortplate

 

Brisket

Brisket adalah salah satu potongan daging sapi yang termasuk dalam kategori secondary cut. Potongan daging ini biasanya berasal dari bagian dada sapi. Brisket memiliki tekstur yang agak keras dan kandungan lemak yang tinggi. Namun, jika dimasak dengan benar, daging brisket bisa menjadi sangat lezat dan empuk.

Salah satu cara populer untuk mengolah brisket adalah dengan teknik smoking. Proses merokok dengan suhu rendah dan lama akan membuat daging brisket menjadi sangat empuk dan beraroma kaya. Rasa daging yang gurih dan lemak yang meleleh di mulut membuat brisket menjadi hidangan yang sangat disukai oleh pecinta daging sapi.

Shortplate

Shortplate juga merupakan potongan daging sapi yang termasuk dalam kategori secondary cut. Potongan daging ini biasanya berasal dari bagian perut sapi. Shortplate memiliki tekstur yang lebih tipis dibandingkan dengan brisket, terutama kandungan lemaknya. Potongan daging ini sering digunakan dalam hidangan seperti shabu-shabu di restoran Jepang.

Shortplate biasanya dipotong tipis-tipis agar mudah dimasak. Potongan daging ini tidak membutuhkan waktu lama untuk matang, asalkan terkena panas tinggi. Shortplate memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal, sehingga cocok untuk dimasak dengan berbagai cara, seperti digoreng, direbus, atau dipanggang.

Baca Juga  Wah ! Ini Dia Tempat Makan Di Purwakarta Favorit Wisatawan2022

 

Apa Bedanya Brisket Dan Shortplate?

Asal Potongan
Brisket berasal dari bagian dada sapi, sedangkan shortplate berasal dari bagian perut sapi. Perbedaan ini mempengaruhi tekstur dan kandungan lemak dari kedua potongan daging tersebut.

Tekstur dan Ketebalan
Brisket memiliki tekstur yang agak keras dan ketebalan mencapai 15 sentimeter sebelum dimasak. Shortplate memiliki tekstur yang lebih tipis dibandingkan dengan brisket. Hal ini membuat shortplate lebih cepat matang dan memiliki tekstur yang lebih kenyal.

Kandungan Lemak
Meskipun keduanya termasuk dalam kategori secondary cut, kandungan lemak pada brisket lebih tinggi dibandingkan dengan shortplate. Hal ini memberikan rasa yang lebih gurih dan lemak yang meleleh di mulut pada daging brisket.

Cara Mengolah Brisket dan Shortplate yang Lezat

Brisket
Teknik Smoking:

Merokok daging brisket dengan suhu rendah dan lama akan membuatnya menjadi sangat empuk dan beraroma kaya.

Oven

Memasak brisket dalam oven dengan suhu rendah dan lama juga bisa menghasilkan daging yang empuk dan lezat.

Shortplate
Shabu-shabu

Shortplate sangat cocok untuk dijadikan hidangan shabu-shabu. Rebus potongan daging ini dalam kuah yang kaya rempah-rempah dan sajikan dengan saus yang lezat.

Panggang

Anda juga bisa memanggang shortplate dengan bumbu yang sesuai, seperti bumbu kecap atau bumbu barbekyu, untuk mendapatkan hidangan yang lezat dan kenyal.

Dalam mengolah kedua potongan daging ini, pastikan untuk memilih potongan daging yang segar dan juga berkualitas. Penting juga untuk memperhatikan teknik memasak yang benar agar daging bisa menjadi empuk dan lezat.

Kedua potongan daging sapi ini memiliki karakteristik yang berbeda dan bisa diolah menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera. Bagi pecinta daging sapi, mengetahui perbedaan antara brisket dan shortplate akan membantu dalam memilih potongan daging yang sesuai dengan selera dan resep yang akan disajikan.

Baca Juga  Menu di Kkuldak Camilan Daging Ayam Khas Korea Yang Lezat di 2023

Penting untuk menguasai pengetahuan tentang berbagai potongan daging sapi serta bagaimana cara untuk mengolahnya dengan baik. Dalam artikel ini, kita telah menjelaskan perbedaan antara brisket dan shortplate, serta memberikan beberapa cara mengolahnya yang lezat. Semoga informasi Perbedaan Brisket dan Shortplate ini bermanfaat bagi pembaca dalam menjelajahi dunia kuliner dan mencoba resep-resep baru dengan potongan daging sapi secondary cut yang lezat ini. Selamat memasak! Pastikan anda paham dengan perbedaan brisket dan shortplate agar anda paham dengan daging sapi.