25/04/2024
Oleh-oleh Khas Makassar

Oleh-oleh Khas Makassar – Jalan-jalan Ke Makassar kurang lengkap rasanya kalau belum membawa pulang oleh-olehnya. Di samping destinasi wisatanya yang populer, kota satu ini juga punya aneka oleh-oleh yang akan membuat suasana liburan kamu makin meriah, mulai dari makanan sampai souvenir dan pernak pernik lokal. Selain sebagai buah tangan bagi keluarga dan teman-teman di rumah, kamu juga mesti berburu oleh-oleh sebagai kenang-kenangan yang tak terlupakan. Lalu apa saja oleh-oleh khas Makassar yang paling laris diburu wisatawan? Berikut olioculinarycollective telah merangkum 7 oleh-oleh khas Makassar terpopuler.

1. Kopi Toraja

Oleh-oleh Khas Makassar

Oleh-oleh khas Makassar pertama yang banyak diburu wisatawan adalah Kopi Toraja. Apabila kamu penggemar kopi, wajib membawa pulang kopi asli Tana Toraja ini. Kopi Toraja punya ciri khas tersendiri dibandingkan dengan kopi lainnya. Biji Kopi Toraja berwarna coklat tua dengan bentuk yang tidak beraturan sehingga mudah membedakannya dengan biji kopi jenis lain. Selain itu, kopi jenis ini punya rasa yang tidak terlalu pahit. Kopi khas Makassar satu ini punya 2 variasi pilihan, yaitu Kopi Toraja Arabika dan Kopi Toraja Robusta. Kamu bisa mendapatkan Kopi Toraja di banyak pusat oleh-oleh yang tersebar di Kota Makassar.

2. Dangke

Oleh-oleh khas Makassar selanjutnya yang terbilang unik adalah Dangke. Dangke merupakan makanan tradisional yang terbuat dari susu kerbau atau susu sapi yang dimasak dengan cara direbus sampai mendidih. Memiliki tekstur mirip seperti tahu, Dangke memiliki rasa hampir seperti keju. Oleh-oleh satu ini dapat langsung disajikan sebagai lauk yang kaya protein bersama nasi hangat dan sambal, atau diolah lagi menjadi makanan lain seperti dangke bakar, dangke tumis, kerupuk dangke dan lain-lain.

Baca Juga  Wah! Ini Dia Cafe Di Tebet Yang Paling Hits Dan Instagramable Murah Di 2022

3. Sirup Markisa

Oleh-oleh Khas Makassar

Apabila kamu mencari suguhan khas Makassar yang segar-segar, Sirup Markisa bisa jadi rekomendasi oleh-oleh yang harus kamu beli. Terbuat dari buah markisa asli, Sirup Markisa punya cita rasa asam dan manis yang khas. Oleh-oleh khas Makassar ini bisa kamu dapatkan di swalayan atau pusat oleh-oleh di Kota Makassar.

4. Kue Kurma

Makassar juga punya ragam oleh-oleh berupa camilan yang juga patut dicoba. Yap, namanya Kue Kurma. Dinamakan Kue Kurma karena terbuat dari telur, mentega, tepung terigu dan maizena yang kemudian dibalut dengan karamel sehingga membuat kue ini menyerupai kurma. Camilan yang satu ini punya cita rasa manis dan sedikit gurih karena diberi balutan potongan kacang. Oleh-oleh ini cocok dijadikan teman makan selama perjalanan nanti.

5. Otak-otak Ikan Tenggiri

Oleh-oleh Khas Makassar

Oleh-oleh khas Makassar berikutnya yang terkenal di kalangan wisatawan adalah Otak-otak Ikan Tenggiri. Makanan satu ini terbuat dari ikan tenggiri yang dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dibakar. Teksturnya kenyal, ditambah sensasi rasa gurih dan aroma wangi bakaran daun pisang efektif untuk menggugah nafsu makan. Apabila kamu berniat membawa pulang Otak-otak Ikan Tenggiri dengan jarak tempuh yang cukup jauh, sebaiknya pesanlah otak-otak yang masih fresh agar tahan lama. Biasanya oleh-oleh ini banyak dijual di sepanjang Pantai Losari, tapi di Makassar sendiri ada dua pusat oleh-oleh yang terkenal dengan sajian ini, yaitu otak-otak Ibu Elly yang terletak di Jalan Kijang, dan otak-otak Ibu Sanny yang berlokasi di Jalan Lasinrang.

6. Kacang Disco Makassar

Bukan cuma di Bali, Makassar juga punya Kacang Disco yang bisa kamu jadikan buah tangan. Memiliki tekstur gurih dan renyah, camilan satu ini juga menjadi oleh-oleh andalan khas Kota Daeng. Tersedia dalam beberapa variasi, di antaranya rasa original dan rasa rempah, Kacang Disco cocok menjadi teman bersantai kamu di rumah. Apabila kamu berminat untuk membeli oleh-oleh khas Makassar ini, datanglah ke swalayan atau Toko Oleh-Oleh yang ada di Makassar.

Baca Juga  Wah ! Ini Dia 10 Jajanan Khas Malang yang Bakal Membuat Kamu Ketagihan

7. Baruasa

Cari oleh-oleh yang murah meriah tapi tetap bercita rasa lokal? Cobalah untuk membeli Baruasa. Kue tradisional khas Makassar ini terbuat dari tepung beras, telur dan ditambahkan kelapa parut kering. Bentuknya bulat-bulat kecil, biasa disajikan saat lebaran atau acara pernikahan, tapi banyak juga wisatawan yang mencari kue ini untuk dijadikan buah tangan sebelum pulang ke kampung halaman.

Akhir kata

Nah itudia 7 oleh-oleh khsa Makassar yang dapat mimin bagikan kepada sobat kuliner di rumah dan dari rekomendasi tempat olehb -oleh di atas mana nih sob tempat yang akan kamu kunjugi terlebih dahulu ? Jika kamu mencari rekomendasi tempat makan dan minuman kamu bis akok cek artikel mimin lainnya hanya di sininya sob. Nah sampai di sini dulunay sobat kuliner pembahasan kita kali ini dan sampai jumap di artikel selanjutnya. Selamat mencoba 🙂