21/05/2024
Restoran Korea

Restoran Korea, Hallyu wave alias demam Korea Selatan tak hanya menghantui orang-orang dengan serial drama dan musiknya, akan tetapi hingga budaya dan makanannya juga. Coba kamu hitung saja restoran dan kafe bertema Korea di Bandung, pasti sudah tak terhingga, kan? Beruntungnya para penggemar Korea tak perlu jauh-jauh terbang ke Negeri Ginseng tersebut buat makan makanannya. Akan tetapi, tentu saja tak semua restoran worth it buat kamu coba. Tapi, tenang saja, karena Mimin telah mengumpulkan tujuh Restoran Korea di Bandung yang enak banget dan tak boleh dilewatkan.

1. Charada Korean BBQ

Restoran Korea

Rekomendasi restoran Korea di Bandung yang pertama ada Charada Korean BBQ. Restoran ini berada di pusat Kota Bandung, tepatnya di Jalan Kebon Jukut (dekat KAI). Konsep restoran ini minimalis tapi rasa maksimalis. Karena dari segi harga dan tempat terlihat sederhana, restoran ini diminati oleh orang-orang dari berbagai kalangan.

Restoran Korea Charada Korean BBQ memiliki gedung dengan dua lantai dan ada area khusus smoking juga. Harga yang ditawarkan untuk makanan dan minuman di restoran ini terbilang sangat murah dibandingkan restoran Korea lainnya. Akan tetapi, ada konsekuensi dari harga murah tersebut. Pertama, tempatnya tidak terlalu luas, baik bagian dalam dan parkirannya.

Jadinya, tempat ini sering penuh, tapi itu berarti tempatnya memang worth it, kan? Lalu, karena sering penuh, service Restoran Korea ini cenderung agak lambat. Kalau kamu datang saat sedang kelaparan mungkin perlu kesabaran ekstra. Akan tetapi, semua itu terbayar dengan kelezatan makanannya dan harganya yang ramah di kantong.

Cha Ra Da Korean BBQ terletak di Jalan Kebon Jukut no. 25-29 Kav. 2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, (dekat kantor Kereta Api Indonesia). Nomor telepon Charada adalah 082238668168. Ikuti update-an terbaru Charada dengan mengikuti akun Instagram mereka di @charadakoreanbbq.

  • Alamat: Jl. Kb. Jukut No.25-29, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00-00.00 WIB
  • Kisaran Harga Makanan: Sekitar Rp. 9.000,- s/d Rp. 39.000,- per porsi
  • Kisaran Harga Minuman: Sekitar Rp. 3.000,- s/d Rp. 17.500,- per gelas

2. MABOO BBQ Resto

Restoran Korea satu ini menyajikan menu BBQ ala negeri Ginseng yang otentik namun tetap masuk lidah orang Indonesia. MABOO BBQ Resto bahkan menyajikan juga beberapa sajian Jepang seperti kare serta katsu yang menjadikannya semakin unik.

Selain ayam dan sapi, kamu juga dapat memesan menu pork di sini dengan kisaran harga makanan dan minuman yang affordable. Selain itu, tempatnya yang didominasi kayu modern bakal membuat sesasi BBQ-an yang kamu rasakan terasa semakin nikmat dan otentik. Restoran Korea Minuman yang tersedia tentu tak kalah beragam, dimulai dari ocha, mojito hingga sang pelengkap Korean BBQ alias soju. Walau terdapat pork, MABOO BBQ Resto tetap menyajikan menu-menu yang halal, kok. Sehingga kamu yang muslim bisa tetap menikmati sensasi BBQ ala Korea di sini. Jangan ragu untuk meminta rekomendasi pelayan dalam memilih menu, ya!

  • Alamat: Jl. Mekar Utama No.81, Mekarwangi, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 11.00-20.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp. 15.000-Rp. 60.000 per-porsi
  • Cabang lainnya: Paskal Hyper Square Ruko B63, Kb. Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung
Baca Juga  Wow ! Ini Dia 10 Tempat Makan di Tangerang Yang Terkenal Enak Dan Worth It

3. Chung Gi Wa Korean BBQ

Restoran Korea

Jika kamu ingin makan di restoran Korea yang interiornya Korea banget, datanglah ke Chung Gi Wa Korean BBQ. Ketika masuk ke dalamnya, kamu akan disambut dengan perabotan kayu dan warna cokelat khas kayu, adem banget melihatnya. Di setiap meja tersedia kompor, alat pembakaran, dan penyedot asap yang terbuat dari logam. Jarang-jarang melihat restoran yang ada penyedot asapnya, kan?

Menu makanan di Chung Gi Wa tidak terlalu banyak, karena memang restoran ini berfokus pada beef dan pork barbeque saja. Tapi, kalau kamu merasa seret dan ingin yang kuah-kuah, di sini juga tersedia menu suki. Menu yang recommended di restoran ini adalah Bulgabi (IDR 220K), yaitu beef ribs tanpa tulang berbumbu bbq manis. kamu juga harus memesan Bulgogi (IDR 78K), dan Usol alias lidah sapi (IDR 78K). Tiap porsi daging ini bisa dimakan untuk 2 – 3 orang, jadi kamu bisa share dengan teman untuk membelinya.

Ada pula menu pork seperti Yang Yum Gui (pork short ribs) yang harganya IDR 78K dan tentunya primadona Korean BBQ yaitu Samgyeopsal (perut babi) yang seporsinya seharga IDR 69K saja. Kalau kamu ingin menu berkuah, ada Galbitang a.k.a beef rib soup (IDR 65K) yang bisa dimakan untuk dua orang. Untuk camilannya, cobalah Pajon alias Korean Pancake yang harganya IDR 75K. Jika di restoran lainnya kita memasak semuanya sendiri, kalau di Chung Gi Wa akan ada waiter yang memasaknya untukmu. Tenang saja, waiter-nya akan memanggang daging sesuai dengan seleramu, jadi kamu tinggal bilang saja ingin daging yang matang, kering, atau juicy.

Masih banyak Restoran Korea dan menu makanan lainnya yang bisa kamu pesan seperti Bul Galbi (tulang rusuk sapi yang diasinkan), Wang Galbi, Jumuluk, hingga Wagyu. Ada yang free di sini setiap kali kamu makan. Yaitu free teh tawar dingin, aneka saus, garam untuk dicocol dengan daging bakar, aneka sayuran, dan kimchi. Jika kamu memesan menu sup, sudah sekaligus dengan semangkuk nasi juga. Bonusnya, ada potongan buah semangka sebagai dessert. Kalau kamu ingin mengunjungi Chung Gi Wa, datanglah ke Jalan Lemah Neundeut (Jalan Surya Sumantri) no. 87 – 89, Sukajadi. Ada satu lagi lokasi restoran Chung Gi Wa, yaitu di Paris Van Java Mall, Jalan Sukajadi no. 131 – 139.

  • Alamat: Jl. Lemah Neundeut No.87-89, Sukawarna, Kec. Sukajadi, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 2017638
  • Jam Operasional: Setiap hari, 11.30-22.00 WIB
Baca Juga  Buruna Deh Moms Cek 7 Resto Outdoor di Jakarta Selatan yang Makananya Murah Dan Enak

4. Born Ga Restaurant

Mau mencicipi hidangan ala Korea yang authentic banget? Datang saja ke Born Ga Restaurant. Restoran Korea yang berada di Tama Boutique Building, Pasir Kaliki, Kota Bandung ini punya banyak pilihan menu makanan seperti dwaenjang jjigae hingga yeosan tteokgalbi, daging sapi yang dicampur dengan tteok atau kue beras dan dipotong kotak memanjang, kemudian dimasak dengan cara dipanggang sampai matang. Di sini, ada menu makanan non-halal juga. Seperti samgyeopsal atau perut babi panggang, hingga yangnyeom dwaeji galbi alias daging babi dengan saus pedas khas Korea.

Bukan hanya hidangannya saja, restoran ini tempatnya sangat enak dan cocok untuk dipakai nongkrong bareng teman dan keluarga sambil menikmati makanan ala Negeri Ginseng. Harga makanan di Born Ga Restaurant sendiri berkisar antara Rp. 40.000,- s/d Rp. 380.000,- untuk menu dengan porsi besar.

  • Alamat: Tama Boutique Building, Jl. Dr. Rajiman No.5, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 20512392
  • Jam Operasional: Setiap hari, 11.30-22.00 WIB
  • Kisaran Harga Makanan: Sekitar Rp. 40.000,- s/d Rp. 380.000,- per porsi
  • Kisaran Harga Minuman: Sekitar Rp. 18.000,- s/d Rp. 140.000,- per gelas/botol

5. Myeonggal BBQ

Restoran Korea

Restoran ini ternyata pembaharuan dari Magal BBQ. Sempat menjadi salah satu restoran Korea yang cukup diminati di Kota Kembang, kini Magal BBQ Bandung melakukan rebranding dengan nama dan konsep berbeda. Walau masih mempertahankan tema Korean BBQ, sistem pemesanannya berubah dari full A la carte menjadi all you can eat.

Meski begitu, kualitas makanan dan rasanya tetap dipertahankan oleh pihak menajemen. Sehingga penggemar Magal BBQ tetap bisa merasakan makanan-makanan dari resto BBQ ini yang terasa premium dan jempolan. Selain menu BBQ, kamu juga bisa mencoba menu lain seperti berbagai jenis jjigae, bibimbap, tteokbokki, dan beragam side dish yang disediakan. Dari line minumannya pun cukup beragam dari ocha hingga soju.

  • Alamat: Ruko Paskal, Jl. Kebon Jati No.3, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 11.30-22.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp. 100.000-Rp. 200.000 per-orang
  • Telepon: (022) 42823042

6. TTALs – Korean BBQ

TTALs Korean BBQ digadang-gadang sebagai restoran barbeque ala Korea yang termurah. Restoran ini sudah lumayan lama berdiri, yaitu sejak Desember 2015 lalu. Dari awal dibuka sampai sekarang, TTALs selalu dipadati pengunjung. Makanya, kalau kamu datang dari tempat yang lumayan jauh, sebaiknya reservasi terlebih dahulu supaya pas kamu sampai langsung bisa makan.

Baca Juga  13 Makanan Khas Dayak Kalimantan Yang Lezat

Kenapa TTALs selalu penuh? Pertama, memang tempatnya tidak terlalu luas. Tapi, alasan yang kedua adalah alasan sesungguhnya, yaitu harga. Siapa yang tidak mau makan enak dan murah meriah? Pasti semua orang juga mau.

Nah, di TTALs, seporsi Samgyeopsal hanya seharga IDR 31K saja. Lalu ada Dak Bulgogi (marinated boneless chicken) yang harganya cuma IDR 24K serta Beef Bulgogi yang harganya cuma IDR 39K saja. Kalau dikira-kira, TTALs memang tidak mengambil untung besar dari setiap menu yang disajikannya. Bayangkan saja olehmu, TTALs menjual 500 gr kimchi seharga IDR 30K di mana harga pasarannya adalah IDR 50K. Ketika di restoran lain Cold/Hot Tea harganya bisa mencapai IDR 15K, di TTALs cuma IDR 3K saja!

Selain aneka bbq, di TTALs juga banyak minuman segar dan dessert seperti es serut Korea. Lokasi restoran ini ada di komplek Taman Holis Indah I no. 21. Kamu bisa mendatangi restoran ini setiap hari kecuali hari Senin karena mereka libur pada hari itu. Dan, perlu diperhatikan ada waktu yang harus kamu catat. TTALs buka dari jam 10 pagi – 2.30 siang lalu buka lagi jam 5 sore – 9 malam.

  • Alamat: Taman Holis Indah 1, Blok C1 No. 21, Cigondewah Rahayu, Bandung Kulon, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0896-2807-8756
  • Jam Operasional: Selasa-Minggu, 10.00-14.30 WIB, 17.00-21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp. 25.000,- s/d Rp. 52.000,- per porsi

7. Korean House Restaurant

Salah satu restoran Korea yang cocok untuk disinggahi bareng keluarga besar adalah Korean House. Restoran Korea yang satu ini menyajikan menu makanan dengan porsi besar yang bisa dinikmati bersama-sama. Menu paling favorit di sini adalah paha ayam saus madu ala Korea atau dak twi gim. Selain itu, ada juga aneka pilihan menu bulgogi, mie, wagyu saus korea sampai sup.

Selain makanan korea, restoran ini juga menyediakan tumpeng dengan ukuran besar, lho. Ngomongin soal tempat, memang di sini nggak terlalu Instagram-able. Tapi makanannya enak-enak, tempatnya tetap luas dan nyaman. Ada ruang private yang bisa kamu tempati juga. Gimana, tertarik untuk mencoba berkunjung dan mencicipi semua menu makanan di Korean House?

  • Alamat: Jl. Sukajadi No.175, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 2031626
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp. 45.000,- s/d Rp. 500.000,- per porsi

Nah, itulah 7 restoran Korea di Bandung yang enak dan recommended versi Mimin. Tentunya masih banyak sekali restoran Korea lainnya yang terasa lezat di lidah dan jika sobat di rumah masih penasaran kunjungi olioculinarycollective aja deh biyar ilang rasa penasaranya. Untuk itu, share restoran Korea favoritmu di Bandung pada kolom komentar, ya.