25/06/2024
13 tempat wisata kuliner legendaris di semarang

Kota Semarang adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya tetapi juga dengan kekayaan wisata kuliner yang menggoda culinary. Setiap sudut kota ini memiliki cerita rasa yang berbeda, menjadikannya surga bagi para pecinta makanan. Tahun 2024 membawa kejutan baru bagi para pencinta kuliner dengan munculnya berbagai destinasi wisata kuliner menarik di Semarang. Dari hidangan tradisional hingga makanan modern yang inovatif, ada banyak tempat yang menawarkan pengalaman wisata kuliner kota Semarang yang tak terlupakan.

Panduan Wisata Kuliner Terbaru di Semarang: Tempat Imperdible untuk Menikmati Kelezatan Lokal

Jika Anda berencana mengunjungi Semarang untuk mencicipi berbagai hidangan lezat, disini panduan terbaru dari tim olio tentang daftar tempat-tempat kuliner yang wajib dikunjungi di kota ini. Berikut adalah daftar 10 tempat wisata kuliner terbaru yang harus Anda kunjungi di Semarang tahun 2024.

Warung Soto Bangkong

Tidak ada yang bisa menandingi kenikmatan soto khas Semarang di Warung Soto Bangkong dengan garang asem nya yang muantep. Terletak di Jalan Bangkong, warung soto ini menyajikan soto daging sapi dengan kuah yang kaya rempah sangat cocok sebagai destinasi wisata kuliner Nusantara. Tambahkan sambal dan kerupuk, dan Anda pun siap menikmati hidangan yang memanjakan lidah Anda.

wisata kuliner semarang di warung soto bangkong

Alamat Lokasi : Perapatan Bangkong Jl. Brigjend Katamso No 1, Semarang

Kedai Pinara Semarang

Kedai Pinara Semarang merupakan warung makan keluarga yang menyajikan masakan khas Jawa Tengah dengan cita rasa autentik dan menu chinese food halal. Kedai Pinara sempat viral dikarenakan keunikan dalam pelayanan kepada pelanggan yang datang.

wisata kuliner Kedai Pinara Semarang

Kedai ini viral berkat salah satu unggahan dari akun TikTok @omndutsukamakan, 3 September lalu. Di dalam video yang sudah ditonton lebih dari 5,5 juta kali tersebut terlihat pelayan memanggil pelanggan, “Atas nama Kevin, maem ndak Vin?”

Kedai Pinara terletak di GOR Tri Lomba Juang, Mugassari, Semarang. Bergaya mentik wangi dengan jokes, nyanyian dengan berjoget menjadi keunikan dari pelayanan kedai pinara yang membuat pelanggan merasa terhibur. Banyak artis ibukota pernah singgah disini.

Alamat Lokasi : Jalan Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang

Sky Dining at Puncak Semarang

Nikmati pemandangan kota Semarang yang memukau sambil menikmati hidangan berkualitas di restoran Sky Dining sebagai fenomena wisata kuliner yang baru saja dibuka di Puncak Semarang. Dengan menu yang bervariasi dan suasana yang romantis, tempat ini menjadi pilihan populer untuk makan malam romantis atau acara spesial.

Baca Juga  Yuk ! Cek 9 Tempat Makan Seafood di Bandung yang Enak Banget

Sky Dining at Puncak Semarang

Menu hidangan yang sangat rekomended banget, terlebih steak dengan harga yang cukup murah dan tidak ada tambahan biaya apapun alias NETTO (termasuk tax n service).

Alamat Lokasi : Jl. Gajah Mada No. 59-61 Gumaya Tower Hotel 17th Floor, Kota Semarang

Lumpia Gang Lombok

Lumpia legendaris di kota semarang memang sudah terkenal sebagai destinasi wisata kuliner di Nusantara. Akan tetapi Lumpia Gang Lombok adalah tempat yang harus Anda kunjungi untuk mencicipi lumpia yang legendaris ini. Dengan isian yang melimpah dan kulit lumpia yang renyah, lumpia di sini menjadi cemilan favorit para pengunjung.

lumpia gang lombok wisata kuliner semarang

Dilihat dari sejarahnya, lumpia gang lombok ini kemungkinan merupakan asal muasal semua jenis lumpia yang ada di semarang, hingga saat ini keponakan dan cicit pendiri Gang Lombok juga berjualan lumpia di semarang. Banyak kesan positif terhadap Lumpia gang lombok ini yang dimana rasanya sangat maknyus dan ga bikin bosen.

Alamat Lokasi : Gg. Lombok No.11, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang

Pusat Oleh-oleh Pandanaran

Sebagai kota yang kaya akan wisata kuliner Nusantara, tak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas Semarang. Di Pusat Oleh-oleh Pandanaran, Anda akan menemukan berbagai macam oleh-oleh khas, mulai dari lumpia kering hingga wingko babat, yang bisa Anda bawa pulang untuk keluarga dan teman.

Berlokasi di kawasan Simpang Lima, kota Semarang dekat Tugu Muda bernama Jalan Pandanaran. Pusat Oleh-oleh Pandanaran terletak di tengah kota semarang ini merupakan pusat oleh-oleh khas semarang. Di sinilah makanan khas Semarang seperti lumpia, presto bandeng, dan babat wingko bisa dengan mudah kita jumpai.

 

pusat oleh oleh pandanaran semarang

Alamat Lokasi : Tambakaji, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang

Pasar Malam Kuliner Simpang Lima Semarang

Pasar malam kuliner di Simpang Lima Semarang kini semakin berkembang dengan penambahan stan-stan baru yang menawarkan aneka makanan dan minuman kreatif. Dari makanan ringan tradisional hingga hidangan eksotis, pasar malam ini menjadi surga bagi pecinta kuliner petualang di kota Semarang.

Sederet target warung wisata kuliner di kawasan pasar malam Simpang Lima Kota Lama ini diantaranya:

  1. Nasi Pecel Mbok Sador
  2. Pecel Yu Sri
  3. Tahu Petis Prasojo
  4. Seafood Pak Jari
  5. Wedang Radja
  6. Nasi Ayam Bu Sami
  7. Es Oyen Bu Tari
  8. Es Kelapa Muda Bu Lanny
  9. Pempek Beringin
  10. Es Campur Sop Ayam Pak Min
  11. Soto Bangkong
  12. Bakmi Jawa Pak Karso
  13. Tahu Gimbal Pak Man
  14. Nasi Ayam Bu Pudji
  15. Lumpia Mataram
Baca Juga  Yuk Cek 8 Menu di Saung Kito Yang Terbaik

Alamat Lokasi : Jl. Simpang Lima, Pleburan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang

Menur Bistro Sop Semarang

Menur Bistro ini menawarkan pengalaman bersantap yang unik dengan menyajikan sop iga yang lezat di tengah atmosfer Kota Lama Semarang yang bersejarah. Hidangan utama yang disajikan dengan sentuhan modern membuat pengunjung kembali lagi untuk merasakan sensasi yang tak terlupakan.

Daftar terbaru wisata kuliner Restoran Fusion Indonesia Premium ini terletak di tengah kota Semarang. Menawarkan tempat yang cozy dengan fasilitas lengkap seperti WiFi dan televisi kabel, tempat ini selalu ramai pengunjung, apalagi karena buka 24 jam. Hidangan yang bisa disantap di Menur Bistro cukup banyak, seperti Bebek Goreng, Sate Campur, Nasi Goreng Buntunt, dan Ayam Bumbal. Bagi pecinta hidangan penutup, Anda bisa mencoba apple straddle atau buah segar tropis dan pisang renyah.

Alamat Lokasi : Jl. Menoreh Utara III No.16, Sampangan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang

Cafe Kopi Lintang

Bagi penggemar kopi, Cafe Kopi Lintang adalah tempat wisata kuliner yang kudu wajib dikunjungi saat di Semarang. Mereka menawarkan berbagai macam kopi spesial dengan biji kopi pilihan dari seluruh Indonesia. Atmosfer santai dan dekorasi yang menawan membuat pengalaman minum kopi di sini menjadi istimewa.

Cafe Kopi Lintang Semarang

Alamat Lokasi : Ruko Jatisari Permai, Jl. Alun-Alun Jatisari No.5 Blok AA, Jatisari, Kec. Mijen, Kota Semarang

Warung Makan Gudeg Koyor Mbak Tum

Berikutnya dari 13 daftar wisata kuliner di Semarang yakni warung makan legend Gudeg Koyor Mbak Tum ini menyajikan hidangan gudeg koyor khas Semarang dengan rasa yang autentik dan harga yang terjangkau. Terletak di pinggir jalan peterorangan samping bank BTN yang kerap ramai pengunjung. Hidangan Gudeg Koyor berbeda dengan gudeg khas jogja yang umumnya dominan rasa manis, Gudeg Koyor Mbak Tum ini memiliki rasa yang sangat gurih dan tidak begitu manis. Tempat warung makan legend ini menjadi favorit bagi kaum muda semarang yang mencari makan siang sederhana namun lezat.

Warung Gudeg Koyor Mbak Tum Legendaris Semarang

Alamat Lokasi : Jl. Abimanyu Vii No. 6, Pemuda, Kota Semarang

Restoran Tanjung Laut Pantai Marina Semarang

Tempat wisata kuliner Restoran Tanjung Laut berlokasi yang strategis di tepi pantai, restoran Tanjung Laut ini menawarkan hidangan seafood segar langsung dari laut. Dengan jadwal bukan mulai dari pukul 11:00 siang s/d 21:00 WIB, pengunjung dapat menikmati makanan laut yang lezat sambil menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.

Restoran Tanjung Laut Pantai Marina wisata kuliner Semarang

Menu sajian dari Resto Tanjung Laut Semarang ini memiliki olahan ikan laut yang spesial diantaranya ikan Kakap Putih, Kerapu, Baronang, Tenggiri, hingga Lobster dan Rajungan pun tersedia disini.

Alamat Lokasi : Jalan Puri Eksekutif No. 1, Tambakharjo, Semarang Barat, Tambakharjo, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang

Baca Juga  Yuk ! Buruan Cek 7 Rekomendasi Menu Subway Yang Rasanay Lezat Biget ini Geng

Kedai Bakmi Jawa Legend Pak Gareng

Kedai Bakmi Jowo Pak Gareng menyediakan hidangan Bakmi Jawa jadul dapat membuat suasana nostalgia tempo dulu muncul ini masuk ke dalam 13 daftar tempat wisata kuliner di Semarang. Jika Anda menginginkan hidangan bakmi Jawa yang otentik, tempat ini adalah pilihan yang tepat. Wisita kuliner semarang ini bernama Bakmi Jowo Legend ini Pak Gareng terkenal dengan tekstur mi yang lembut menyek-menyek dengan paduan kuah kaldunya yang kaya rasa.

Kedai Bakmi Jawa Pak Gareng Semarang

Menurut cerita kota di propinsi Jawa Tengah bahwa mie jawa sudah muncul di Jawa sejak jaman Kerajaan Majapahit lalu. Bukti eksistensi menu mie itu terekam di dalam Piagam Biluluk yang tertulis tahun 1391, walaupun kata yang muncul di piagam adalah “laksa” kata yang berasal dari Bahasa Sansekerta.

Saking populer dan legendaris, walaupun lokasi kedai bakmi jawa pak gareng berada di dalam gang. Akan tetapi selalu cepat habis dari jam buka nya. Kedai Bakmi Jowo Pak Gareng memang tidak begitu luas namun cukup untuk menikmati seporsi bakmi legendaris. Kedai Bakmi Jawa Pak Gareng tersebut memiliki luas yang hanya cukup mampu menampung sekitar 25 orang.

Lokasi Alamat : Jl. Wotgandul Dalam No.171, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang

Warung Sate Maranggi Mbak Rien

Warung sate yang terkenal dengan sate Maranggi-nya yang lezat. Hidangan daging sate yang empuk dipanggang dengan bumbu rempah khas membuat hidangan ini selalu dinanti-nanti oleh para pecinta kuliner. Untuk harga yang ditawarkan cukup ramah kantong lho.

Warung Sate Maranggi Mbak Rien - wisata kuliner semarang

Lokasi Alamat : Jalan Kyai Saleh No.10, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang

Cafe Rumah Gelato Matteo Kota Lama Semarang

Cafe Rumah Gelato Matteo Kota Lama Semarang menyediakan dessert ice krim terbaik di kota semarang untuk menyegarkan lidah setelah makan berat. Dessert Cafe Rumah Gelato adalah pilihan yang sempurna karna sedang hits semenjak tahun 2023. Mereka menawarkan berbagai macam es krim dan dessert yang dibuat secara handmade dengan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Cafe Rumah Gelato Matteo Kota Lama Semarang

Label Gelato Matteo berciri khas bahasa Italia yang mana memang pemilik dari Cafe Rumah Gelato Matteo Kota Lama Semarang ini adalah seseorang dari warga Italia yang hijrah ke Semarang Indonesia. Memiliki cita rasa unik dan otentik dengan lebih dari 20 pilihan varian rasa, menu yang paling dicari Gen Z diantaranya :

  • Dark chocolate,
  • Stroberi,
  • Vanila,
  • Yoghurt,
  • Matcha,
  • Malaga raisin,
  • Straciatella,
  • Arabica coffee,
  • Rum raisin,
  • Salty peanut, dan
  • Pistacchio.

Lokasi Alamat : Jl. MT. Haryono No.914, Wonodri, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

Kesimpulan

Semarang tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, tetapi juga kekayaan kuliner yang menggoda. Dari soto hingga lumpia legendaris, dan berbagai hidangan lezat lainnya, kota ini memang surga bagi para pecinta makanan. Dengan beragam pilihan tempat makan yang menarik dan lezat, Semarang merupakan destinasi kuliner yang wajib dikunjungi bagi para foodie. Jangan ragu untuk menjelajahi daftar tempat-tempat liburan kuliner terbaru ini saat Anda berada di Semarang pada tahun 2024. Jadi, jangan lewatkan untuk mencicipi berbagai hidangan lezat di tempat-tempat wisata kuliner terbaik Semarang saat Anda berkunjung ke kota ini!