03/12/2022
Jajanan Jadul Tahun 70an
Jajanan Jadul Tahun 70an

Jajanan Jadul Tahun 70an, hal yang membuat bahagia di masa kanak-kanak adalah membeli jajanan. Bagi Teman-teman yang memulai sekolah dasar di tahun 70-an, tentu punya kenangan tersendiri tentang apa saja jenis, rupa, dan rasa Jajanan Jadul Tahun 70anl di masa itu. Zaman di mana warung adalah surga belanja bagi Teman-teman, meski mayoritas adalah warung yang sederhana. Nah, di artikel Mimin kali ini di maksudkan agar kalian bernostalgia tentang jajanan di era tersebut. Lalu apa saja jajanan jadul tahun 70an yang populer dan di gemari oleh banyak orang? Yuk, simak daftar 17 jajanan jadul tahun 70an di sini

17 Jajanan Jadul Tahun 70an Ini Bikin Nostalgia

1. Kue Lupis

Jajanan Jadul Tahun 70an

Kue lupis termasuk salah satu jajanan jadul tahun 70an yang terbuat dari beras ketan. Cara membuatnya gampang, berbahan dasar beras ketan yang di bungkus daun pisang lalu di rebus. Bentuknya pun ada yang segitiga atau lonjong. Warnanya putih dan ada juga yang berwarna hijau karena menggunakan campuran daun pandan. Tidak lupa di beri taburan kelapa dan gula merah yang legit dan jajanan jadul ini di jual di sekolahan.

2. Jagung Kelapa

Grontol jagung atau jagung kelapa merupakan jajanan jadul tahun 70an yang banyak di jual di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Panganan ini terbuat dari bahan sederhana, yaitu jagung yang di kukus dengan kelapa parut dan diberi garam lalu ditambah gula secukupnya. Walaupun tergolong makanan sederhana, nyatanya kudapan ini pada zaman dahulu sangat laris manis di jual di sekolahan.

Baca Juga  BMW G 310 RR India

3. Jipang

Jajanan Jadul Tahun 70an

Jajanan jadul tahun 70an yang selanjutnya juga punya rasa manis. Jipang beras ini merupakan cemilan manis berbahan dasar bulir beras dengan campuran gula. Makanan satu ini biasanya tahan lama dan di gemari anak-anak hingga dewasa. Walaupun termasuk jajanan jadul, namun tidak sulit kok untuk menemukannya. Teman-teman juga masih bisa membelinya di warung maupun toko oleh-oleh.

4. Permen Gulali

Hmmm kalau permen gulali kayaknya nggak cuma terkenal di tahun 70an aja, deh! Anak 90an pasti tau soala Jajanan Jadul Tahun 70an ini yang punya kenangan tersendiri bukan, tentangnya? Emang permen ini sering di jual oleh pedagang di depan sekolah. Ketika kita membelinya, maka pedagang akan memutarkan sedotan dan menggulung gulali, bahkan ada yang di bentuk sesuai permintaan. Sebenarnya rasanya sederhana. Tapi harganya sangat murah dan nggak heran kalau jadi jajanan favorit saat di sekolah dulu.

5. Rambut Nenek

Jajanan Jadul Tahun 70an

Arbanat atau rambut nenek merupakan jajanan jadul yang populer tahun 70an. Selain di kenal sebagai arbanat, jajanan ini di sebut juga dengan arum manis. Nah, karena awalnya berwarna putih seperti uban, maka di namakanlah rambut nenek. Seiring dengan berjalannya waktu, rambut nenek mulai di buat dengan beragam warna dengan tambahan perasa dan jadi jajanan kesukaan anak-anak

6. Kue Jaring Laba Laba

Kue laba-laba adalah salah satu cemilan masa kecil yang banyak di sukai anak-anak, nggak cuma anak-anak saja orang dewasa pun menyukainya. Nah, ternyata jajanan satu ini merupakan jajanan jadul tahun 70an juga, loh. Tenang aja, ini bukan jaring dari laba-laba asli kok. Snack ini namanya begitu karena memiliki bentuk menyerupai jaring laba-laba.

7. Kue Rangi

Jajanan Jadul Tahun 70an

Kalau untuk kue rangi ini udah mulai langka, nih! Buat Teman-teman yang sudah berusia 30 tahun ke atas, kue tradisional Betawi ini memang menyimpan banyak kenangan masa kecil yang susah di lupain. Sebelum adanya jajanan kekinian dengan visual yang menggoda seperti sekarang, kue rangi dulunya jadi jajan favorit banyak orang. Apalagi, rasanya gurih, manis, dan legit jadi nggak pernah gagal menggoyang lidah.

Baca Juga  12 Makanan Khas Cilacap Jawa Tengah Bikin Ngences

8. Grub Cake

Jajanan jadul tahun 70an ini mungkin terdengar asing di telinga Teman-teman. Ternyata ada yang menyebutnya carang mas, ceker remes, dan cakar ayam. Nah, carang mas merupakan camilan manis tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan ubi kuning. Teksturnya renyah dengan rasa manis karena penambahan gula merah. Jadi, apa nama jajanan ini di daerahmu?

9. Kue Tape Goreng

Jajanan Jadul Tahun 70an

Berbahan dasar tape dan punya dua kombinasi tekstur yaitu renyah dan lembut. Teksturnya yang renyah berasal dari biskuit dan tekstur yang lembut berasal dari tape. Jajanan ini sudah eksis sejak zaman dahulu dan cocok di makan bersama secangkir kopi, teh atau susu. Selain enak, jajanan tape goreng ini juga terjangkau. Biasanya ada di jajaran gorengan lainnya bersama pisang goreng dan singkong goreng. Gimana, apa udah kangen sama jajanan ini?

10. Es Potong

kamu pasti kenal dengan penyegar satu ini kan? Hadir dalam berbagai rasa, es potong menjadi salah satu jajanan yang paling dicari terutama saat matahari sedang terik-teriknya.

Meskipun sudah mulai jarang ditemukan, masih ada beberapa sekolah yang kedatangan penjual es potong. Kalau kamu kangen, coba mampir ke sekolah terdekat dan uji keberuntunganmu!

11. Cokelat Payung

Jajanan Jadul Tahun 70an

Coklat dengan bentuk payung yang unik ini sudah sangat sulit ditemukan, mungkin sudah tidak diproduksi kembali. Tapi, tentu Toppers punya kenangan tersendiri dengan jajanan jadul era 90-an ini, bukan?

12. Jago Milk Chocolate alias Coklat Ayam

Snack jadul selanjutnya adalah Coklat Ayam. Coklat ini terkenal enak dan murah, favorit jajanan SD di tahun 90-an.

13. Jagung Turbo

Olahan jagung yang empuk di mulut ini adalah salah satu cemilan andalan saat kumpul-kumpul. Camilan ini semakin menjadi favorit karena memiliki banyak varian rasa dalam kemasan yang khas dengan warna mencolok. Sayangnya, sudah lama sekali jagung Turbo tidak ditemukan di minimarket ataupun supermarket.

Baca Juga  Yuk Nyicip 9 Makanan Khas Mojokerto Yang Lezat nya Nyata

14. Es Gabus

Selain es potong, aku juga suka makan es gabus. Es ini terbuat dari tepung hunkwe. Sekarang banyak yang bikin es gabus ini diberi bermacam warna dan dinamakan es gabus pelangi. Kapan-kapan aku juga mau coba bikin sendiri ah, udah lama nggak ngerasain es gabus.

15. Es tong-tong roti tawar

Nah waktu aku SD dulu, suka ada abang penjual es bunyinya tong tong. Cara penyajiannya, sepotong roti tawar dilipat dan es nya diletakkan di tengah lipatan roti tawarnya itu. Enak banget! Kapan hari aku beli es Singapura karena teringat es roti tawar masa kecilku ini. Meski mirip tapi nggak sama, rasanya lain. Es roti tawar jadul lebih sederhana, roti tawar lebih kecil tapi menurutku soal rasa lebih mantap deh.

16. Es serut warna-warni

Es ini terbuat dari es yang diserut terus dipadatkan, diberi tusuk sate kemudian diberi sirup warna-warni. Segerrr!

17. Getuk

Getuk adalah makanan ringan yang berbahan dasar singkong. Makanan ini menjadi makanan khas kebanggaan dari daerah Magelang, Jawa Tengah. Namun seiring berjalannya waktu, makanan ini bisa di temukan pada berbagai daerah khususnya di Pulau Jawa. Pada umumnya, getuk punya rasa yang manis dan gurih. Selain itu, makanan itu memiliki visual warna warni sehingga cantik untuk di pandang. Jadi, makanan inipun banyak di sukai berbagai kalangan.

Jadi itulah dia artikel dari Mimin tentang jajanan jadul yang hits di tahun 70an. Jadi gimana, nih? Apakah Teman-teman ingin mencoba beberapa jajanan di atas? Jangan lupa membeli jajanan yang tadi ya, kalau sudah pengen cobain! Semoga informasi tadi berhasil bikin kalian bernostalgia kembali.