24/06/2024
Kuliner Malam Jogja

Kuliner Malam Jogja – Jogja tidak hanya dikenal dengan ragam kuliner bercita rasa manis dan menjadi kota yang selalu dirindukan. Tapi ragam makanan khas Jogja pastinya juga murah meriah dan nggak bikin kantong kempes. Untuk itu bagi kamu yang sedang berada di Kota Yogyakarta akan semakin lengkap jika mencicipi 25 kuliner malam Jogja ini. Cita rasanya yang khas dipadukan dengan suasana malam kota Jogja yang ikonik bakal bikin kamu ingat terus momen malam di kota ini. Nah kali ini mimin akan membagikan beberapa Kuliner Malam Jogja yang dapat kamu kunjugi berikut ini :

1. Gudeg Bromo

Kuliner Malam Jogja

Kuliner malam Jogja satu ini sudah cukup ikonik bagi para wisatawan yang berburu makanan khas ketika singgah di Kota Jogja. Mencari Gudeg di kota ini terbilang cukup mudah karena banyak sekali penjual yang menjajakan kuliner khas yang satu ini. Salah satunya Gudeg Bromo yang sudah berdiri sejak tahun 1984.

Berlokasi di Jalan Affandi No 2A, Caturtunggal (tepat di sebelah Ciao Gelato) yang buka setiap jam 23.00 hingga 05.00. Gudeg Bromo selalu dibanjiri oleh antrian para pembeli yang ingin merasakan olahan khas Jogja, jadi jika ingin mencicipi kuliner khas kota ini harus siap antri panjang dengan pembeli lainnya.

Tempat Kuliner Malam Jogja ini menyediakan berbagai lauk seperti, tewel yang diolah dengan bumbu khas Jogja, dilengkapi dengan berbagai lauk baceman, dan yang menjadi khas nya adalah sambal krecek, dimana yang biasanya sambal krecek terbuat dari daging sapi namun di Gudeg Bromo terbuat dari daging kerbau. Jadi tertarik untuk mencoba mampir kulineran malam di Gudeg Bromo?

Baca Juga  Yuk Cek 5 Tempat Makan Cuanki Paling Lezat di Kota Bandung

2. Nasi Rames Demangan

Lapar melanda ketika malam hari? Jangan khawatir! Ada banyak tempat kuliner malam Jogja yang bisa jadi pilihan. Salah satunya Nasi Rames Demangan. Tempat kuliner malam di Jogja ini berlokasi di trotoar daerah Demangan (di depan toko Tekstil Prima), yang buka sejak pukul 20.00. Nasi Rames Demangan ini menyediakan berbagai pilihan lauk seperti, nasi rames, sayur (sayur labu, teri pedas, oseng kacang panjang, kering tempe jagung muda dan sayur lodeh), lauk ayam, telur, bakwan, tahu dan tempe.

Tempat Kuliner Malam Jogja untuk berwisata kuliner malam Jogja ini bakal siap memanjakan lidah dengan cita rasa pedas yang khas dan menggugah selera. Seporsi nasi rames dengan siraman kuah pedas ini dibandrol dengan harga mulai Rp8.000 saja! Dan satu lagi yang membuat pembeli rela antri untuk menikmatinya, yaitu lauk, sayur dan kuahnya yang selalu disajikan dalam keadaan hangat karena selalu dipanaskan dengan cara tradisional yakni menggunakan tungku. Jadi, siap memanjakan lidah di malam hari di Nasi Rames Demangan?

3. Mie Ayam Grabyas

Kuliner Malam Jogja

Mie Ayam Grabyas ini cukup populer di kalangan pecinta kuliner mie. Mie Ayam Grabyas merupakan kedai sederhana yang menyajikan kuliner mie ayam dengan rasa yang istimewa. Kuliner malam Jogja yang beralamat di jalan Malioboro (seberang hotel Inna Garuda) buka mulai pukul 24.00 WIB. Mie Ayam Grabyas ini memiliki sajian khas yang disuguhkan yakni kulit ayam yang digoreng kering atau yang sering disebut dengan grabyas sebagai topping mie ayam.

Tempat kuliner malam di Jogja ini selalu dibanjiri pembeli untuk menikmati kelezatannya. Sambil menyantap mie ayam, tak lengkap rasanya jika tidak minum Es Jenifer yang merupakan singkatan dari “Es Jeruk Segar”, unik bukan namanya? Bagi pembeli yang ingin menikmati cita rasa dari Mie Ayam Grabyas, harga yang dibandrol pun cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp18.000/ porsi. Murah meriah bukan? Jadi mau menikmati keindahan gemerlap lampu di Kota Yogyakarta, Mie Ayam Grabyas pilihan tempatnya.

Baca Juga  Viral 7 Menu Kedai Beringin yang Paling Enak Dan Harga Sangat Terjangkau Dan Halal

4. Soto Sampah

Mungkin terdengar aneh ketika mendengar namanya, yakni “Soto Sampah”. Yaps, sajian soto memang sudah banyak digemari oleh berbagai kalangan, kenikmatan suwiran ayam ataupun daging, dengan toge diatasnya lalu disiram dengan kuah panas, pasti akan menambah kenikmatan saat menyantap soto. Kuliner Jogja yang satu ini dinamai Soto Sampah karena pembeli bisa menentukan sendiri apa saja yang ingin dimakan sesuai dengan selera masing-masing.

Di tempat makan Soto Sampah ini pembeli bisa mengambil dengan bebas remahan gorengan sebagai pelengkap sajian sotonya. Soto Sampah berlokasi di Jalan Kranggan Nomor 2 Cokrodiningratan (depan SPBU Kranggan, dekat Tugu Kota) buka mulai pukul 22.00-04.00 WIB. Dengan harga terjangkau yang ditawarkan, yakni mulai Rp5.000/porsi kamu bisa menikmati kenikmatan kelezatan kuliner malam Soto Sampah sebagai makan malam kamu di Jogja.

5. Gudeg Mercon Bu Tinah

Kota Jogja mendapat julukan “Kota Gudeg”, yang merupakan kuliner khas Jawa Tengah dengan olehan khas nangka muda dan santan. Ada banyak sekali penjual yang menjajakan sajian Gudeg. Kuliner yang menjadi icon Kota Yogyakarta ini biasanya memiliki cita rasa yang manis, tetapi berbeda dengan Gudeg Mercon Bu Tinah yang memiliki rasa pedas yang dapat membuat rasa kantuk hilang dengan seketika.

Gudeg Mercon Bu Tinah beralamat di Jalan Asem Gede, Kranggan, yang mulai buka pukul 20.00 – 04.00. Ada beragam lauk yang disajikan di kedai sederhana milik Bu Tinah ini, seperti ayam kampung, ceker goreng tepung, sate ayam, suwiran daging ayam dan berbagai pilihan lauk lainnya. Cita rasanya yang khas dipadukan dengan berbagai pilihan lauk tambahan makin menggugah selera.

Tapi, sobat Kuliner harus rela antri lebih dahulu untuk menikmati Gudeg Mercon Bu Tinah dan membawanya sendiri ke tempat makan kita. Untuk harga kuliner Jogja ini juga murah meriah, yakni mulai dari Rp15.000 – Rp25.000. Jadi, jika tidak mau antri datanglah lebih awal jika tertarik mencoba kelezatan gudeg mercon di tempat ini.

Baca Juga  Yuk ! Cek 7 Oleh-Oleh Khas Madura Yang Terbaik

6. Nasi Teri Gejayan

Kuliner Jogja menjadi destinasi idaman para pecinta kuliner, karena bukan hanya ada ketika siang hari, namun di malam hari pun masih terdapat banyak pilihan tempat untuk kulineran malam di sudut Kota Yogyakarta. Salah satunya adalah Nasi Teri Gejayan buka mulai pukul 21.00 – 03.00. Terletak di Jalan Gejayan, Deresan, kedai sederhana yang terletak di pinggir jalan ini menyajikan kuliner dengan rasa yang nendang di mulut.

Seperti namanya, sajian khasnya adalah ikan teri yang memiliki rasa asin dan gurih yang dipadukan dengan oseng-oseng serta sambal lombok hijau yang dijamin membuat ketagihan para pembelinya. Nasi Teri Gejayan ini dibanderol mulai harga Rp13.000 – Rp25.000. Tidak hanya para wisatawan saja yang mengantri untuk membeli kuliner malam Jogja satu ini, namun warga lokal pun banyak yang menyukainya.

Akhir kata

Nah itudia 6 Kuliner Malam Jogja yang dapat mimin bagikan kepada sobat kuliner di rumah dan dari rekomendasi kuliner di atas mana nih sob kuliner yang akan kamu kujungi terlebih dahulu ? Jika kamu mencari rekomendasi tempat makan dan minuman kamu bisa kok cek artikel mimiin lainnya hanya di sininya sob. Nah sampai di sini dulunay sob pembahasan kita kali ini dan smapai jumpa di artikel selanjutnya. Selamat mencoba 🙂