25/04/2024
Tempat Wisata

Tempat Wisata, Hay Moms besok akhir pekan Moms dan keluaraga Gak kemana-kemana? atau Moms dan keluarga Moms ingin berliburan Tenag Moms Mimin punya solusinya Moms bisa Mengunjungi destinasi ke Balige adalah sebuah kota di Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Letak Kota Balige adalah di Ujung Danau Toba.

Meskipun belum terlalu dikenal oleh banyak kalangan wisatawan jika dibandingkan kota-kota lainnya di Sumatera Utara, Kota Balige ini ternyata menyimpan berbagai tempat-tempat wisata yang indah dengan keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Banyak sekali tempat-tempat yang bisa kalian kunjungi di sini. Mulai dari destinasi wisata alam yang menawarkan pesona yang mengagumkan sampai tempat-tempat bersejarah yang memiliki nilai historis yang tinggi. Berikut Mimin ada 7 Tempat Wisata yang sayang untuk di lewatkan jika berkunjung ke kota Balige Sumatera Utara.

1. Pantai Lumban Bulbul

Tempat Wisata

Tempat Wisata Salah satu yang menjadi tempat favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Balige, Sumatera Utara adalah wisata Pantai Lumban Bul Bul.

Pantai ini seolah dirancang oleh masyarakat sekitar untuk memperkenalkan budaya Batak karena wisatawan yang berkunjung ke sini akan menemukan banyak sekali ornamen-ornamen tradisional batak.

Keunikan lainnya dari pantai ini adalah memiliki air yang tawar, tidak seperti pantai lainnya yang memiliki air yang asin, karena air pantai ini bukanlah berasal dari laut melainkan dari Danau Toba.

Tempat Wisata Seperti yang kita ketahui Danau Toba memiliki area perairan yang luas sehingga menyerupai lautan. Pasir putih di pantai ini juga begitu cantik dan lembut sehingga asyik untuk dijadikan tempat bermain.

Kedalaman pantai ini adalah sekitar 1-2 meter dan aman untuk dijadikan tempat berenang. Fasilitas yang ada di Pantai Lumban Bul Bul ini juga cukup lengkap.

Selain wahana air seperti speed boat, banana boat hingga jet ski, ada juga toilet, toko oleh-oleh dangazebo di pinggir laut untuk bersantai bagi yang ingin menikmati pemandangan pantai ini yang menawan.

Tempat Wisata ini menyediakan Tempat kuliner di sekitar sini juga lumayan lengkap, seperti restoran dan kafe. Untuk kalian yang muslim ada juga warung muslim yang menyediakan aneka kuliner yang halal.

Baca Juga  Wah ! Ini Dia 10 Jajanan Khas Malang yang Bakal Membuat Kamu Ketagihan

Tempat penginapan seperti homestay dan hotel pun sudah banyak dijumpai di sekitar kawasan wisata ini. Akses menuju pantai ini adalah sekitar 3,7 kilometer dari ibu kota Toba Samosir, Balige Tempat Wisata.

  • Alamat: Ds. Lumban Bul-bul, Kec. Balige, Kab. Toba Samosir
  • Jam Buka: 06.00-21.30
  • HTM: Rp5.000/orang

2. Desa Meat

Tempat Wisata Desa Meat adalah sebuah kawasan yang ada di pinggir Danau Toba. Suasana desa yang masih asri serta sejuk cocok untuk dijadikan destinasi wisata bagi kalian yang ingin mencari ketenangan.

Perpaduan indahnya sawah yang berundak-undak, pegunungan hijau serta Danau Toba menjadikan desa ini dijuluki sebagai Selandia Baru versi Indonesia.

Tempat Wisata Desa Meat juga merupakan salah satu lokasi Tempat Wisata digelarnya acara tahunan yaitu 1000 Tenda Kaldera. Acara ini merupakan event merupakan festival berbasis masyarakat desa yang memiliki keinginan atau tujuan untuk mengembangkan wisata melalui pendekatan seni serta budaya.

Jadi di sini kalian bisa menikmati keindahan alam sambil camping di tepi Danau Toba yang cantik. Selain ini di Desa Meat ini terdapat beberapa Rumah Adat Batak yang bisa dikunjungi Tempat Wisata.

Kalian bisa berfoto ria sambil menikmati dan mengagumi keindahan arsitektur serta ukiran-ukiran tradisional khas Suku Batak. Akses menuju tempat ini sekitar 30 menit saja dari Bandara Silangit Tempat Wisata.

  • Alamat: Tampahan, Balige, Toba, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 24 jam
  • HTM: Rp10.000

3. Onan Balerong

Tempat Wisata

Tempat Wisata Jika kalian berkunjung ke Balige, jangan lupa untuk mengunjungi Onan Balerong. Tempat ini merupakan pasar tradisional yang menjadi salah satu ikon kebanggaan kota Balige.

Sembari berbelanja kalian bisa mengagumi keindahan enam buah balerong atau rumah adat Suku Batak yang berderet di Pasar Onan Balerong tersebut Tempat Wisata.

Kemegahan dan keunikan ukiran serta arsitektur Batak dalam Balerong tersebut menjadi salah satu daya tarik yang bisa membuat para pengunjungnya berdecak kagum.

Pasar ini menjadi pusat perdagangan masyarakat Balige. Jika kalian ingin berkunjung ke sini, sebaiknya mengatur waktu untuk datang pada hari jumat agar lebih ramai dan pedagang yang datang lebih beragam Tempat Wisata.

  • Alamat: Jl. Lintas Sumatera No.88, Napitupulu Bagasan, Balige, Toba, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 08.00-16.00
  • HTM: Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil

4. Pahoda

Bukit Pahoda digadang-gadang sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Dari sini wisatawan dapat melihat semua pemandangan eksotis yang disuguhkan Danau Toba tanpa penghalang seperti pohon, bukit ataupun bangunan.

Baca Juga  Yuk ! Cek 10 Tempat Nongkrong Di Surabaya Yang Asyik Dan Murah

Bukit ini juga memiliki hamparan rumput hijau yang luas sehingga asyik dijadikan tempat piknik. Dari semua keindahan yang disajikan oleh Pahoda, salah satunya yang sangat diburu para wisatawan adalah pemandangan matahari terbit atau sunrise serta matahari terbenam sunset.

Tempat ini juga terkenal sebagai tempat kencan favorit para muda-mudi Balige sejak tahun 1997-an sehingga bukit ini dijuluki sebagai bukit cinta oleh masyarakat sekitar.

Dari sini juga kalian bisa melihat Gereja Merah yang merupakan bangunan tinggi serta menawan yang didirikan dipinggir Danau Toba.

Selain itu ada banyak kafe dengan konsep yang unik di sekitar sini. Jadi, setelah puas memandangi keindahan alam di Pahoda, bisa bersantai sambil ngopi atau makan di kafe-kafe tersebut. Akses menuju tempat wisata ini juga sekitar 30 menit dari pusat Kota Balige.

  • Alamat: Lumban Silintong, Kec. Balige, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 24 jam
  • HTM: Rp10.000/orang

5. Museum TB Silalahi

Tempat Wisata

Museum TB Silalahi adalah Museum yang dibangun oleh salah seorang Suku Batak yaitu Letjen Dr. Tiopan Bernhard Silalahi. Ia adalah seorang jenderal yang dihormati dan hebat pada masanya. Selain menceritakan tentang kisah hidup TB silalahi, museum ini juga menyimpan tentang sejarah dan Budaya Batak di Sumatera Utara.

Museum ini memiliki luas sekitar 5 hektar dengan bangunan 3 lantai dengan arsitektur bernuansa modern namun masih dihiasi dengan ukiran groga khas suku batak. Menjadi pusat edukasi serta wisata sejarah, museum ini menyimpan berbagai koleksi budaya batak. Jadi jika ingin belajar lebih dalam tentang Suku Batak bisa berkunjung ke Museum ini.

Di bagian luar gedung terdapat 6 rumah adat batak yang dirancang lengkap dengan kuburan batu, hariara, pohon bambu, dan ulubalang yang bertujuan untuk membuat para pengunjung merasakan suasana perkampungan batak.

Selain itu, jika kalian naik ke lantai 2 atau 3 dari bangunan museum, kalian akan terpesona dengan pemandangan Danau Toba dan Balige yang indah.

Fasilitas yang tersedia juga sudah lengkap seperti toilet, sky restaurant, cafetaria yang akan menyajikan hidangan kuliner modern hingga tradisional. Akses menuju museum ini dari Bandara Silangit mempunyai waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

  • Alamat: Jl. Dr. TB. Silalahi No.88, Balige, Toba, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 09.00-18.00
  • HTM: Rp10.000
Baca Juga  Just Check 7 Cafe di Kelapa Gading Paling Asyik Buat Kongkow

6. Makam Raja Sisingamangaraja XII

Para penggemar destinasi wisata sejarah tentunya tidak boleh melewatkan Makam Sisingamangaraja XII jika berkunjung ke Balige Sumatera Utara. Makam pahlawan ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal atau luar pulau yang hendak berziarah. Tidak hanya Suku Batak, tetapi semua suku dari berbagai daerah di Nusantara. Para wisatawan yang berkunjung juga ingin memberikan penghormatan kepada Sisingamangaraja XII karena telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Ketika masuk ke komplek makam Sisingamangaraja XII, kalian akan menemukan banyak rumah adat batak yang unik serta eksotis. Makam ini juga pernah disambangi oleh tokoh-tokoh penting seperti SBY, Megawati dan Prabowo. Jadi selain mengenang jasa pahlawan, ketika berkunjung ke makam ini wisatawan juga dapat menikmati budaya Suku Batak yang merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia.

Fasilitas di sini kurang memadai karena belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah. Kemudian Akses menuju makam ini tidaklah sulit, hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Kota Balige.

  • Alamat: Silalahi Pagar Batu, Balige, Toba, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

7. Air Terjun Sampuran

Tempat Wisata

Selanjutnya ada Air Terjun Sampuran yang merupakan destinasi wisata alam yang sangat indah di Balige. Air terjun ini belum banyak diketahui dan terjamah oleh wisatawan sehingga menawarkan suasana alam bebas yang masih alami dan asri. Dihiasi dengan pepohonan yang sangat lebat dan rimbun akan memberikan kesan yang menenangkan untuk para pengunjungnya. Aliran air yang sangat jernih dan sejuk akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama di sini. Kualitas air terjunnya juga masih bersih dan jauh dari pencemaran.

Namun, akses menuju air terjun ini lumayan sulit yaitu harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari Kota Balige menuju Desa Hutanamora.Kemudian dari Desa Hutanamora wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama 1 jam. Tempat ini cocok dikunjungi para petualang yang menyukai tantangan karena jalannya cukup terjal dan sulit dilalui, tetapi diperjalanan kalian akan disuguhi panorama alam yang luar biasa cantik dan indah.

  • Alamat: Siboruon, Balige, Toba, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 06.00-17.00
  • HTM: Gratis

Itulah tujuh destinasi wisata yang ada di Kota Balige Sumatera Utara. Banyak di antaranya yang mengusung konsep tradisional batak yang bertujuan agar wisatawan dapat lebih mengenal budaya Suku Batak.